Penggelaran Budaya Nias Dimata Indonesia Khususnya Dan Dimata Dunia Pada Umumnya

Penggelaran Budaya Nias Dimata Indonesia Khususnya Dan Dimata Dunia Pada Umumnya

 

Medan,Sp

Dalam meningkatkan pengenalan Budaya Kabupaten Nias dimata masyarakat Indonesia khususnya dan pada masyarakat Internasional atau Dunia pada umumnya, Pemerintah Kabupaten Nias berupaya terus melakukan berbagai tindakan untuk mempromosikan Budaya Nias tanpa henti-hentinya.

Budaya Nias merupakan salah satu bidang pendukung tumbuhnya ekonomi dan perkembangan pariwisata di Kepulauan Nias pada umumnya dan Kabupaten Nias pada khususnya.

Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Nias melaksanakan penggelaran Budaya Nias pada puncak Pekan Raya Sumatera Urata (PRSU) tepat di Jl. Jendal Gatot Sumbroto KM 5 Sei Sikambing C. II, Medan Helvetia Medan, Kota Medan, Minggu (15/04).

Pada kegiatan tersebut Panitia telah merancang dan mempersiakan acara ini secara matang dan melibatkan berbagai kalangan masyarakat Nias untuk memeriahkan acara ini.

Kegiatan panggelaran ini menampilkan beberapa atraksi Budaya Nias yang sangat terpopuler dan terpelihara serta yang membuat memukau para pengunjung yang dihadiri oleh ratusan orang masyarakat Nias yang ada di Kota Medan.

Pada acara tersebut turut dihadiri pada oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara Brigjend TNI (Purn) Nurhajizah Marpaung, Anggota DPRD Sumatera Utara, Bupati Nias Sokhiatulo Laoli, Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Firman Yanus Larosa,, Ketua dan wakil Ketua TP PKK Kabupaten Nias, para Asisten Bupati Nias, pasa Staf Ahli Setda Kabupaten Nias, para Pimpinan SKPD Kabupaten Nias, para Kepala Dinas Pemerintah Kabupaten Nias, Ketua dan para Anggota DPRD Kabupaten Nias, para Camat se Kabupaten Nias, para Tokoh Masyarakat Kabupaten Nias, dan Mahasiswa asal Nias se Kota Medan.

Ketua DPRD Kabupaten Nias Yaredi Laoli, pada sambutannya berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias dalam menampilkan Budaya Nias di acara puncak Pekan Raya Sumatera Utara ini dan kepada seluruh pihak yang telah mendungkung penuh acara ini bisa terlaksana dengan baik apalagi kegiatan ini sangan menjadi sarana untuk memajukan pertumbuhan pariwisata di Kabupaten Nias,ungkapnya

Baca Juga Berita Ini :  Pemerintah Optimal Tangani Dampak Virus Corona

Bupati Nias Sokhiatulo Laoli, pada sambutannya menyampaikan rasa terharunya atas terselenggarakannya acara ini sangat luar biasa dipenuhi oleh ratusan pengunjung diluar dari perkiraan sebelunmya. “Kami sangat bangga dan sangat senang sekali melihat para pengungjung yang memenuhi ruangan, begitu banyak bahkan ada yang rela berdiri demi menyaksikan atraksi Budaya Nias yang terus kita lestarikan”jelas sokhiatulo

Ketua Panitia yang juga sebagai Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nias mengatakan bahwa dalam mempersiapkan acara tersebut sudah banyak kegiatan yang disiapkan untuk ditampilkan, semua Panitia sudah saling koordinasi dan sudah dilokasi,jelasnya

Sebelum menampilkan sejumlah atraksi kami melakukan gladi sehingga seluruh peserta sudah berbenah diri dan pesertanya terdiri dari dua group yakni dari sanggar Nias dan Mahasiswa dari universitas yang ada di medan. ” Kami berharap menampilkan yang terbaik”pungkasnya

Beberapa pengujung mengaku bahwa sangat kagum dan terpesona menyaksikan sejumlah atraksi Budaya Nias tersebut yang secara langsung di tampilkan, sangat indah sekali, “Kita patut berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Nias untuk memajukan dan melestarikan Budaya Nias ini semoga menjadi kemajuan dimasa yang akan datang”

Kabupaten Nias dimata masyarakat Indonesia dan juga masyarakat Internasional atau dunia tetap berupaya terus melakukan berbagai tindakan untuk mempromosikan Budaya Nias tanpa henti. Budaya Nias merupakan salah satu bidang yang mendukung tumbuhnya perekonomian masyarakat nias.
(Sumber berira, Dinaskominfo kab.Nias)

Torotodo Ndraha

Baca Juga Berita ini

About the Author: possibolga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *