Setuju Sekolah di Batam Diperbaiki

Setuju Sekolah di Batam Diperbaiki

 

Terkait Penyataan Menteri BUMN

BATAM (HK) – Praktisi pendidikan Alhadi Mulya menyatakan setuju atas pernyataan Menteri BUMN agar sekolah di Batam perlu diperbaiki. Ia sendiri melihat, banyak fasilitas yang masih lurang dan bangunn yng sudah tidak layak. “Betul itu kata bu mentri kalau sekolah di Batam harus di perbaiki dan dibenahi. Karena sejauh ini banyak sekolah yang kurang fasilitas, serta bangunan yang sudah tidak layak lagi,” ujarnya dalam bincang-bincang bersama Haluan Kepri usai shalat Jumat (19/4) bersama di Masjid Raya, Batam Centre.
Alhadi menilai, tidak hanya soal sarana saja, melainkan tujuan dari pendidikan itu sendiri seakan tidak menentu arah. Padahal, dalam masyarakat dunia yang berubah cepat, tujuan pendidikan suatu bangsa haruslah jelas. Meskipun harus dinamis mengikuti perkembangan zaman, tujuan pendidikan nasional harus tetap bertolak pada kebudayaan Indonesia.

“Yang saya maksud pendidikan memiliki arah tujuan yang jelas itu, yakni mampu menyiapkan manusia-manusia yang cakap, kreatif, dan bertanggung jawab. Padahal, Indonesia sudah harus menciptakan generasi emas yang diharapkan bisa memajukan kehidupan bangsa. Maka dari itu sistem pendidikan Indonesia harus direformasi karena sistem yang ada selama ini tidak menjawab kebutuhan zaman,” ucapnya.

Begitu pula terkait proses pendidikan di sekolah, menurutnya,  guru tidak sekadar mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi semata. Namun proses pendidikan di sekolah juga sepatutnya mampu memberikan dan menanamkan nilai-nilai budaya kepada para siswa. Hal ini agar ketika siswa memahami iptek, maka tertanam nilai-nilai budaya bangsa di dalam dirinya akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

“Inilah yang menjadikan generasi muda yang unggul dari sisi iptek dan juga memiliki daya saing global tanpa kehilangan kecintaan serta semangat pengabdian pada bangsa dan tanah air,” katanya lagi.

Sementara diberitakan sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini M Soemarno, juga meminta agar BUMN menyalurkan dana tanggung jawab sosial perusahaannya untuk memperbaiki sekolah-sekolah di Batam. “Saya melihat banyak sekolah yang tidak layak di sini. Saya minta BUMN bantu bangun kembali sekolah ini,” kata Menteri usai meninjau penyaluran program padat karya oleh 4 BUMN di Kampung Panau di Batam, belum lama ini.

Ia mengatakan rehabilitasi sekolah diperlukan, agar siswa lebih nyaman dalam belajar. Dengan begitu diharapkan ilmu yang disampaikan lebih terserap. Pembenahan sekolah diharapkan mampu meningkatkan kualitas manusia mendatang yang membangun kota menjadi semakin baik. “Agar mereka nyaman dan mereka akan menjadi rakyat Indonesia yang mumpuni dan mampu mandiri,” kata Rini. (men)

Baca Juga Berita ini

About the Author: possibolga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *