Gunakan Jaring Trawl, 2 Unit Kapal Milik Pengusaha Sibolga Ditangkap KRI Kurau 856

Gunakan Jaring Trawl, 2 Unit Kapal Milik Pengusaha Sibolga Ditangkap KRI Kurau 856

Sibolga,SP | Ilegal Fishing masih terjadi di Perairan Pantai Barat Sumatera. KRI Kurau 856 milik TNI AL RI berhasil  menangkap dua unit kapal milik pengusaha asal Kota Sibolga, Provinsi Sumatera Utara, hari Jumat (27/4) sekira pukul 16.30 WIB, karena mempergunakan Jaring Trawl.

Komandan KRI Kurau 856, Mayor Laut (P) Avissema Herlambang mengatakan, proses penangkapan berawal saat KRI Kurau 856 yang sedang melaksanakan operasi patroli di perairan Pantai Barat Sumatera, mendeteksi adanya kontak radar kapal di sekitar 60 mil dari barat daya Sibolga. Kedua kapal itu terbukti menggunakan alat tangkap trawl dan tidak memiliki Surat Izin Penangkapan Ikan (SIP) dan Surat Persetujuan Berlayar (SPB). Atas dasar itu, kedua kapal tersebut kami bawa dan kami serahkan ke Lanal Sibolga untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut, ” kata Komandan KRI Kurau Mayor Laut (P) Avissema Herlambang kepada awak media, Sabtu, 28 April 2018 usai menyerahkan hasil tangkapannya kepada Letkol Laut (P) Fajar Priyanto Kurniawan.

Kedua kapal trawl yang ditangkap tersebut yakni KM Hotma 01 dengan 15 orang ABK, dan KM Sehat memiliki 13 orang ABK.Dari hasil pemeriksaan, lanjut Mayor Avissema, kapal trawl KM Hotma 01 bermuatan ikan campur hasil tangkapan sebanyak 2 Ton. Sementara KM Sehat bermuatan ikan campur sebanyak 200 Kg.

Danlanal Sibolga, Letkol Laut (P) Fajar Priyanto Kurniawan menyatakan, akan melaksanakan penyelidikan dan penyidikan lanjutan sampai membawa kasus ini ke persidangan.

“Saya akan melaksanakan penegakan hukum di laut tanpa kompromi. Yang namanya pelanggaran terhadap tindak pidana di laut, pasti akan saya tindak tegas,” tegasnya.

Baca Juga Berita Ini :  PPKM Efektif Tekan Keterisian Rumah Sakit dan Angka Positif Covid-19

Ketika ditanya siapa pengusaha pemilik kapal trawl tersebut, Danlanal belum dapat memberikan keterangan karena belum melakukan pemeriksaan lebih lanjut. (Redaksi)

Baca Juga Berita ini

About the Author: possibolga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *