Dandim 0211/TT Pimpin Upacara Hardiknas 2018 Di Tapteng

Dandim 0211/TT Pimpin Upacara Hardiknas 2018 Di Tapteng

 

 

Tapteng, SP| Komandan Kodim 0211/TT Letkol.Inf Jimmy Rihi Tugu bertindak sebagai Inspektur Uapacara pada Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih yang bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 Tingkat Kabupaten Tapanuli Tengah Provinsi Sumatera Utara. Upacara ini dipusatkan dan dilaksanakan di Lapangan Bola Kaki, Gelanggang Olah Raga (GOR) Pandan hari Rabu (2/5/2018).

Dalam pelaksanaan Upacara, Dandim 0211/TT Letkol.Inf.Jimmy Rihi Tugu selaku Irup, membacakan amanat tertulis Menteri Pendidikan RI Muhadjir Effendi. Disebutkan dalam amanat tersebut, Tema dari Hardiknas 2018 ini adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Tema ini, terilhami dari Ki Hadjar Dewantoro, yang merupakan Bapak Pendidikan Nasional.

Amanat dari Menteri Pendidikan Muhadjir Effendi yang dibacakan oleh Dandim 0211/TT juga mempertega tentang Pendidikan dan Kebudayaan. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003, BAB I, pasal 1 ayat 2, yang menyatakan pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, sedangkan kebudayaan nasional merupakan akar pendidikan nasional.  Di samping itu, dengan disahkannya, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan telah mempertegas posisi kebudayaan nasional sebagai ruh, pemberi hidup,  penyangga bangunan pendidikan nasional. “ Oleh sebab itu, kebudayaan yang maju adalah prasyarat yang harus dipenuhi jika ingin pendidikan nasional tumbuh subur, kukuh, dan menjulang,” kata Muhadjir dalam amanat tertulisnya.

Upacara Hardiknas Tapteng ini  turut dihadiri Forkopimda Tapteng,  OPD Tapteng,    Wakil Ketua TP PKK Tapteng, Organisasi Wanita Tapteng,  ASN lingkungan Pemkab Tapteng, Camat Pandan,  KNPI dan OKP Tapteng serta Pelajar SD dan  SMP.

Diakhir acara dirangkai dengan Penampilan Marching Band Siswa SMA negeri 1 Matauli Pandan,   marching Band SMP Al Muslimin  Pandan, Marching Band SMP negeri 2 Pandan. Tak ketinggalan turut ditampilkan Fragmen Singkat oleh siswa siswi SD Muara Bolak Sosor Gadong.  Dipenghujung Acara dilanjutkan dengan  Penyerahan Hadiah Juara Lomba O2SN, OSN Tingkat SMP dna Penyerahan Hadiah Juara Lomba Gugus PAUD. (Redaksi/Ril)

Baca Juga Berita ini

About the Author: possibolga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *