Dinas PP Dan PA Kab. Tapteng Sosialisasi Pengembangan Materi & Pelaksanaan KIE tentang Kesetaraan Dan Keadilan Gender

Tapanuli Tengah, Sibolga Pos |Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tapanuli Tengah (Dinas PP dan PA Kab. Tapteng) melaksanakan Sosialisasi Pengembangan Materi dan Pelaksanaan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) tentang Kesetaraan dan Keadilan Gender di Gedung Audio Visual SMAN 1 Matauli Pandan, Rabu (09/05/2018).

Sosialisasi itu dibuka Kepala Dinas PP dan PA Kab. Tapteng Nursyam SKM M,Kes diwakili Sekretaris Agustina Hutauruk MKes didampingi Kabid Dataa dan Informasi Gender dan Anak Masyuni Nasution SSos.

Mengawali sambutannya, Kepala Dinas PP dan PA Kab. Tapteng Nursyam SKM MKes dibacakan Sekretaris Agustina Hutauruk MKes bahwa pengembangan materi dan pelaksanaan komunikasi informasi edukasi (KIE) tentang kesetaraan dan keadilan gender (KKO) yang dilaksanakan pada saat ini merupakan bagian pelaksanaaan pembangunan yang perlu memperhatikan keadilan gender sebagai salah satu syarat untuk mencapai hasil pembangunan yang berkeadilan gender dan membawa manfaat baik bagi laki-laki maupun perempuan.

Dengan melalui KIE kesetaraan gender berarti kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan serta hak-haknya sebagai manusia agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, pertahanan dan keamanan nasional (hankamnas), serta kesamaan dalam menikmati hasil pembangunan.

“Keadilan gender adalah suatu proses dan perlakuan adil terhadap perempuan dan laki-laki. Dengan keadilan gender berarti tidak ada beban ganda, subordinasi, marginalisasi, dan kekerasan terhadap perempuan maupun laki-laki. Terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender (KKG) ditandai dengan tidak adanya diskriminasl antara perempuan dan laki-laki. Dengan demikianlah kesempatan berpartisipasi dan kontrol atas pembangunan serta memperoleh manfaat yang setara dan adil dari pembangunan memiliki akses,” kata Kepala Dinas PP dan PA Kab. Tapteng disampaikan oleh Sekretaris.

Lanjutnya, gender berkaitan pula dengan proses keyakinan, sebagaimana seharusnya laki-laki dan perempuan berperan dan bertindak sesuai dengan tata nilai yang terstruktur. Dengan itu kesetaraan gender merupakan kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan serta hak-haknya sebagai manusia.

Saat menyampaikan peran penting KIE disebutkan defenisi atas komunikasi informasi dan edukasi kepada peserta sosialisasi untuk menyatukan persepsi atas peran penting KIE tentang kesetaraan dan keadilan gender (KKG).

“Untuk mensukseskan kesetaraan dan keadilan gender (KKG), perlu dilaksanakan kegiatan-kegiatan yang memaparkan tentang informasi yang jelas terkait dengan kesetaraan gender. Hal ini dapat dibantu dengan tersedianya media-media komunikasi yang efektif bagi masyarakat secara umum, misalnya melalui radio, film, pers/surat kabar/media online, televisi, kegiatan promosi, pameran, leaflet, brosur, dan media lainnya. Mari jauhi kekerasan pada anak, kejahatan sexual, dan perdagangan anak,” ujarnya.

Kepala Dinas PP dan PA Kab. Tapteng mengingatkan apabila ada kasus-kasus pada anak dan wanita, Dinas PP dan PA Kab. Tapteng siap memberikan bantuan perlindungan.

“Kita harapkan kepada masyarakat agar menyampaikan kepada kami apabila ada kekerasan dan kejahatan pada perempuan dan anak. Kita siap memberikan bantuan perlindungan” kata Kepala Dinas PP dan PA Kab. Tapteng yang disampaikan Sekretaris.

Sebelumnya, Kabid Data dan Informasi Gender dan Anak Masyuni Nasution SSos melaporkan maksud dan tujuan pelaksanaan sosialisasi itu agar melalui KIE tentang KKG mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi, sosial budaya, pendidikan, pertahanan dan keamanan nasional. Selain itu, memperoleh kesempatan yang berarti kesamaan kondisi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan serta hak-haknya selaku manusia. Juga terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender ditandai dengan tidak adanya diskriminasi antara perempuan dan laki-laki dalam pembangunan.

Narasumber pada sosialisasi itu, Kasubbid Pemerintah Bappeda Kab. Tapteng Rismawati Ginting SKom memaparkan KIE tentang KKG. Kegiatan-kegiatan dalam KIE itu dikelompokkan atas 3 kegiatan, yaitu KIE Massa, KIE Kelompok, dan KIE Perorangan. Berbagai hal terkait peran penting KIE untuk KKG dibahas dalam sosialisasi itu.

Sosialisasi itu turut dihadiri perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi perempuan, dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) pemerhati perempuan dan anak.

Penulis      : Paskah Hutagalung

Sumber     : Komimfo Kab.Tapanuli Tengah

Baca Juga Berita ini

About the Author: possibolga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *