Ruas Jalan Sudirman Putus Total, Pemko Sibolga “ Tutup Mata “, PPK 11 “ Buang Badan”

SIBOLGAPOS.COM, Sibolga | Sudah dua bulan lebih akses  Jalan Sudirman Atas tepatnya di depan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kota Sibolga yang berada di Kelurahan Parombunan Kecamatan Sibolga Selatan Kota Sibolga putus total. Hingga saat ini, tak terlihat tanda –tanda untuk perbaikan dari pihak Pemko Sibolga, Selasa (22/05/2018)

Sebelum putus total akibat terjangan longsor, akses jalan ini sangat bermamfaat dan digunakan sebagai jalan alternatif bagi warga dari Kelurahan Hutabarangan menuju pusat Kota Sibolga.

Bukan hanya warga pengguna jalan, Truk-truk Sampah yang hendak membuang muatannya juga tak bisa melintasi jalan ini menuju ke TPA.

Biasanya Truk-truk pengangkut sampah Kota Sibolga setiap sore hari dipastikan melintasi Jalan ini. Sialnya titik putusnya jalan ini hanya beberapa meter dari TPA. Akibatnya, Truk-truk ini terpaksa memutar arah atau melangsir menuju areal TPA.

Tentunya hal ini selain tidak efisiensi juga menambah biaya cost. Tetapi walaupun situasi sudah sedimikian rupa, tak sedikitpun tindakan dari Pemko Sibolga untuk memperbaiki atau sitidaknya membuat jembatan darurat agar dilewati pengguna jalan.

“ Kita merasa bingung dengan kebijakan Pemko Sibolga. Akses jalan ini tak bisa dilalui lagi dan kondisinya sudah sangat mendesak untuk diperbaiki, tetapi Pemko Sibolga seakan mengabaikannya. ,” kata Delima Panjaitan salah seorang pengguna jalan ini kepada Sibolgapos.com, Senin (21/5/2018).

Masih kata Delima “ Lihat saja pembuatan Taman disepanjang jalan ini, jelas ini memakan anggaran yang cukup besar dan tidak terlalu mendesak, tetapi kenapa Pemko ngotot membangunnya? Titik jalan yang putus itu, bukan karena akibat longsor saja, sebelumnya memang sudah rusak tapi tidak putus total, masih bisalah dilalui. Tetapi dibiarkan, malah yang dibangun Taman, akibatnya saat hujan deras dua bulan lalu, akhirnya jadi putus total,” lanjutnya.

Baca Juga Berita Ini :  Sukseskan Indonesia Maju, Insan Media Solo Gelar Diskusi Tumbuhkan Optimisme Dukumg Kebijakan Pembangunan Nasional

Ibu rumah tangga yang juga merupakan salah seorang PNS dilihat dari pakaikan yang dikenakannya juga menyoroti tentang bangunan lainnya di sekitar jalan yang putus ini. “ Lihat Bapak sendiri, di Areal TPA dekat jalan yang putus itu, Pemko malah membangun Tempat Pengolahan Limbah yang setahu saya anggarannya hingga Rp. 3,8 Milyar. Tapi sejak dibangun tiga tahun yang lalu , setahu saya belum pernah difungsikan, ada apa “ ? celotehnya.

Hal yang sama juga diungkapkan warga yang tinggal disekitaran lokasi jalan yang putus ini. Warga yang tidak mau menyebutkan namanya ini juga mengungkapkan bahwa Tahun 2018 ini ada anggaran untuk pembangunan Dek Penahan Tanah. “ Lucu kali lah Pemko Sibolga ini Pak, tahun ini akan dibangun lagi Dek Penahan Tanah di Areal pembibitan karena jebol. Tahun lalu juga jebol. Pasti gak beres lagi bangunannya itu Pak. Kan sebaiknya Jalan ini sajalah diperbaiki, ini menyangkut hidup hajad orang banyak juga,” ungkap warga ini.

Sementara itu, Direktur Tekhni dari Dinas Perumahan, Kebersihan, Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kota Sibolga Rezki Sihombing saat dikonfirmasi terkait pembangunan dek tersebut yang tiap tahunnya dianggarkan karena selalu jebol malah terkesan “cuci tangan”. “ Saya kan hanya Dirtek Pak,” ucap Rezki.

Demikian juga Pihak PPK 11 yang menangani pembangunan dan perbaikan jalan, juga ikut-ikutan menghindar saat dikonfirmasi, “ Itu urusan Pemko Sibolga,” ucap Alson Siregar selaku PPK 11, singkat.

Pewarta : Herbert Sihotang

Editor      : Agus Salim Tanjung

 

Baca Juga Berita ini

About the Author: possibolga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *