Polres Tapteng Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2018

Sibolgapos.com, Tapteng | Kepolisian Resort Tapanuli Tengah (Tapteng) Gelar Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba  2018 menyambut  Hari Raya Idul Fitri 1439 H/2018 M digelar di Markas Kepolisian Resor Tapteng di Jalan Jend. TNI. Feisal Tanjung Pandan Rabu (6/6)

Kegiatan ini diawali dengan Pemeriksaan Perlengkapan Pasukan yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub Tapteng. Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani bertindak selaku Inspektur Upacara membacakan sambutan tertulis Kapolri Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D   “Menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri Salah satu kegiatan Rutin yang dilaksanakan Kepolisian RI yaitu operasi kepolisian terpusat,” Operasi Ketupat Tahun 2018 diselenggarakan secara serentak di seluruh Polda jajaran selama 18 hari mulai tanggal 7 sampai dengan 24 Juni 2018 Operasi ini digunakan sebanyak 173.397 personel pengamanan gabungan yang terdiri dari unsur-unsur Polri, TNI, Pemda, dan para pemangku kepentingan terkait lainnya. Pada tahun 2017, masalah-masalah umum dapat diatasi dan tidak terjadi hal hal yang mengganggu Kamtibnas. Hal itu dapat diwujudkan berkat kerjasama dari semua instansi yang terkait seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Bulog.

“Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), dan Satgas Pangan Polri. Pada tahun ini, potensi masalah ini masih terjadi pada masalah pangan, upaya penimbunan oleh kelompok kartel / mafia pangan, dan juga perilaku negatif yang berbeda. Oleh sebab itu, diperlukan kerja dan langkah-langkah proaktif dari pemangku kepentingan.”

Potensi kerawanan lainnya adalah  masalah keselamatan arus mudik dan arus balik. Hasil kelancaran dan survey jalan yang dilaksanakan oleh Korlantas Polri bersama Kementerian Perhubungan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,  Kementerian Kesehatan, dan juga Dinas Jasa Marga, dan Pertamina, menemukan sekurangnya terdapat enam lokasi rawan macet pada jalur utama mudik lebaran.  Kementerian Pekerjaan Umum Sehubungan dengan hal tersebut, saya memberikan informasi untuk seluruh orang terutama pada titik rawan macet dan titik rawan kecelakaan, agar benar-benar melakukan pemantauan secara cermat. Berbagai strategi yang telah ditetapkan agar dikuti dengan baik. Optimal pelayanan pada 3.097 Pos Pengamanan, 1.112 Pos Pelayanan, 7 Pos Terpadu, dan 12 Pos Check Point yang tergelar selama operasi Potensi kerawanan ketiga yang juga harus diantisipasi adalah potensi bencana alam dan gangguan kamtibmas lainnya, seperti curat, curas, curanmor, copet, pencurian rumah kosong begal, dan hipnotis. Untuk itu, para Kasatwil dapat mengambil langkah-langkah pra-emtif dan mencegah yang diperlukan. Saya juga berharap, agar seluruh Kasatwil dapat terus bekerja berkoordinasi dengan pihak Basamas, BMKG, dan pihak lain, dalam upaya mengantisipasi dan mewaspadai potensi bencana alam

Pada kesempatan yang baik ini, untuk seluruh personel Polri dan seluruh personel pengamanan Operasi Ketupat 2018  saya menyampaikan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin” Sidang yang dapat saya sampaikan, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan dalam tugas dan pengabdian terbaik untuk masyarakat bangsa dan negara. Sekian dan terima kasih.

Kegiatan Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba dirangkai dengan Penyentunan Anak Yatim Piatu, Buka Bersama, Sholat Isya, Sholat Tarawih Berjamaah dan turut dihadiri Kapolres Tapteng dan Jajaran, Bupati Tapteng, Wakil Bupati Tapteng, Forkopimda Tapteng, Kapolres Sibolga, Gabungan Organisasi Wanita Tapteng. (ast/rel)

 

Baca Juga Berita ini

About the Author: possibolga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *