BPJS Sibolga Menggelar Senam Sehat Kolosal

SIBOLGA, sibolgapost – Dalam rangka menyambut Asian Games ke-18 (XVIII) dan HUT BPJS Kesehatan ke-50 tahun, BPJS kesehatan cabang Kota Sibolga menggelar senam sehat klosal, jumat (27/7).
Sekda Sibolga Yusuf Batubara saat menyerahkan hadiah.

Selain senam, BPJS juga melaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis, serta sosialisasi kesehatan kepada orang tua yang lanjut usia (lansia) yang dilaksanakan di lapangan simare-mare, Kota Sibolga.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Sekda Pemko Sibolga M.Yusuf Batubara S KM, Ketua Dharma Wanita ibu Masnah M.Yusuf Batubara, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota Sibolga Rudhy Sukmawan Hardhiko, serta pimpinan OPD Kota Sibolga.

Dalam sambutan Walikota Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk MM yang disampaikan oleh Sekda Pemko Sibolga M.Yusuf Batubara SKM mngatakan, bahwa Kegiatan ini merupakan wujud nyata dukungan terhadap gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan Asian Games ke-18 sekaligus penyebarluasan informasi terkait program penyakit kronis (prolanis) kepada masyarakat.

“Germas merupakan gerakan nasional yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif dan rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat. Melalui germas, pemerintah mengajak lintas sektoral dan lintas program untuk mewujudkan masyarakat berperilaku hidup sehat sehingga terhindar dari berbagai penyakit termasuk penyakit kronis,” jelas yusuf.

Sejak diluncurkannya program germas hingga saat ini, telah banyak pula yang dilakukan oleh pemerintah kota sibolga dalam mendukung dan mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat di kota sibolga diantaranya adalah pelaksanaan senam sehat secara rutin di lapangan simare-mare setiap hari jumat, mengaktifkan kegiatan pemeriksaan kesehatan dasar secara rutin di posyandu-posyandu dan sebagainya.

“kebijakan pengelolaan fasilitas kesehatan dalam program jaminan kesehatan nasional sesuai dengan peraturan presiden republik Indonesia nomor 12 tahun 2013 tentang jaminan kesehatan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah pusat/daerah, kementerian kesehatan dan BPJS Kesehatan,” katanya.

Baca Juga Berita Ini :  Paham Radikal Ancam Kedamaian Masyarakat

Pemerintah telah menunjuk badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) kesehatan sebagai operator untuk melaksanakan program jaminan kesehatan nasional (JKN) dan kartu Indonesia sehat (KIS), targetnya pada tahun 2019 seluruh rakyat Indonesia wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan baik melalui jalur mandiri maupun preminya dibayar oleh pemerintah atau gratis.

Sementara, kepala BPJS Kesehatan Sibolga Rudhy Sukmawan Hardhiko menyampaikan bahwa kegiatan senam kolosal merupakan wujud nyata dukungan BPJS Kesehatan terhadap pelaksanaan Asian Games ke-18 dan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dengan harapan masyarakat lebih peduli dalam meningkatkan perilaku hidup sehat untuk menerapkan paradigma sehat terutama dalam pelaksanaan promotif dan preventif.

“mencegah lebih baik daripada mengobati atau menjaga kesehatan lebih baik daripada mengobati penyakit,”cetusnya. (Boy Andika)

 

Baca Juga Berita ini

About the Author: possibolga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *