Desa Mardame Perkuat Pengembangan BUMDES dan Infrastruktur

SITAHUIS – Desa Mardame, Kecamatan Sitahuis, Kabupaten Tapanuli Tengah menanamkan saham modal lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) demi pengembangan desa jangka panjang.

Hal ini dikatakan Kepala Desa Mardame, Roklen Simanungkalit saat dijumpai wartawan dilokasi pekerjaan pembangunan rabat beton yang juga mereka laksanakan tahun 2018 ini, Sabtu (4/8).

warga saat bekerja di pembangunan dana desa Mardame

Roklen menerangkan, untuk tahun 2018, desa yang saat ini dia pimpin itu melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan, baik dibidang fisik maupun pemberdayaan. Beberapa kegiatan fisik diantaranya, pembangunan Rabat beton sepanjang 250 meter dengan alokasi dana senilai Rp235 juta, pembukaan jalan sepanjang 250 meter dengan alokasi dana Rp149 juta lebih, kemudian pengadaan buku bahan bacaan untuk perpustakaan Desa, pengadaan buku peralatan belajar dan alat permainan untuk PAUD, Pengadaan sistim informasi Desa, pengelolaan ekonomi usaha produktif lubuk larangan senilai Rp20 juta.

“untuk fisik kita mamfaatkan pembangunan infrastruktur menuju perkebunan masyarakat, dengan tujuan masyarakat bisa lebih gampang mengangkut segala hasil komoditi kebunnya,” jelas Roklen.

Dibidang pemberdayaan, bimbingan tehnis dibidang keuangan desa, pelatihan dan pendidikan formal, penyuluhan hukum dalam rangka pemberdayaan masyarakat, bimbingan tehnis pembekalan pelaksanaan kegiatan, pelayanan pendidikan keagamaan, pelayanan kesehatan untuk lansia.

“Mudah-mudahan pemamfaatan Dana Desa tahun 2018 di Desa Mardame ini memang betul betul dipergunakan masyarakat sebaik mungkin dalam kegiatan sehari-hari. Saya juga berharap, para lansia yang ada di kampung ini, bisa lebih bersemangat lagi dalam melaksanakan berbagai kegiatan mereka demi kesehatan para lansia dikampung ini,” harapnya.

Ketika disinggung total dana desa yang mereka terima selama tahun 2018, Roklen mengaku kalau desa mereka menerima dana sekitar Rp661 juta lebih, untuk operasional Rp44 juta. “Dana yang kita terima hanya Rp661 juta, tapi mudah-mudahan, beberapa kegiatan juga masih bisa kita laksanakan,” tegasnya. (Rommy)

Baca Juga Berita ini

About the Author: possibolga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *