Hiteurat Bangun Irigasi dan Kembangkan Ternak Babi

SORKAM | Desa Hiteurat membangun saluran pembuangan Irigasi sepanjang 100 meter dengan alokasi dana Rp256 juta lebih.selain saluran pembuangan irigasi, Desa ini juga membangun jalan rabat beton menuju kebun warga dengan panjang 225 meter dengan alokasi dana Rp100 juta lebih.

“Warga kitakan banyak bertani, makanya kita bangun Irigasi dan jalan menuju kebun masyarakat,” ungkap Kades Hiteurat Herson Silaban saat dijumpai dilokasi pembangunan rabat beton, Sabtu (4/8).

Aparat Desa beserta Kepala Desa berfoto bersama dengan pendamping Kecamatan usai meninjau lokasi pembangunan rabat beton.

Herson bersama aparat dan sejumlah masyarakat menjelaskan, bahwa pilihan membangun jalan menuju kebun masyarakat ini sesuai dengan hasil musyawarah yang sebelumnya sudah terlaksana di desa mereka. Selain membangun saluran Irigasi dan jalan rabat beton, mereka juga sepakat untuk melaksanakan berbagai kegiatan lain.  Diantaranya, pengadaan lampu PJU sebanyak 10 unit untuk penerangan jalan, pengadaan buku bacaan untuk meningkatkan pendidikan masyarakat dan menumbuhkan minat baca masyarakat, bantuan pelayanan pendidikan keagamaan, bantuan pelayanan kesehatan kader posyandu, PMT-AS dan Balita, Pelayanan Kesehatan Lansia, penyertaan modal untuk ternah Babi.

“Dana yang kita terima memang tidak terlalu besar. Namun, kita selalu berupaya agar lewat dana desa ini, masyarakat Hiteurat memang benar-benar dapat merasakan dampaknya. Terlebih kesehatan balita dan lansia. Untuk BUMDES juga diberikan untuk pembelian ternak, dengan harapan ternak ini bisa berkembang dan tentunya ditahun tahun berikutnya bisa menghasilkan PAD bagi Desa Hiteurat, sebagaimana tujuan BUMDES dibentuk, demi menumbuh kembangkan ekonomi masyarakat dan menjadi desa yang mandiri,” jelas Herson.

Pantauan wartawan, terlihat dilokasi, Kepala Desa bersama aparat dan masyarakat melakukan pembersihan rencana pembangunan rabat beton di areal perkebunan masyarakat. (Rommy)

 

 

Baca Juga Berita ini

About the Author: possibolga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *