Perusahaan Ceko Minat Bangun Pabrik Turbin di RI

Jakarta, sibolgapos.com – Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan, Doosan Skoda Power, perusahaan asal Cekoslowakia, akan melakukan ekspansi dan mendirikan pabrik turbin di Indonesia.

“Mereka punya proyek di Muara Tawar, ada dengan IPP, tapi sedikit, nah ini mau ekspansi, dan mendirikan juga pabrik turbin mereka di sini,” ujar Arcandra kepada media saat dijumpai di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Lebih lanjut, ia mengatakan, pabrik turbin yang akan dibangun tersebut ada kemungkinan berskala besar, dan ada juga yang berskala minihydro.

Sebagai informasi, Doosan Skoda Power adalah perusahaan Ceko (pengadaan turbin) yg sudah mulai berproyek di Indonesia, yakni proyek pembangkit Grati (PLTGU) dengan kapasitas 1x198MW dan 1x196MW, berjenis mesin Combined Cycle Power Plant (CCPP), dan sedang dalam tahap konstruksi.

Selain itu, juga ada PLTGU Muara Tawar berkapasitas 2×250 MW, 1×150 MW, dengan mesin CCPP, dan sedang konstruksi.

Perusahaan Ceko tersebut juga bisa memberikan pendanaan murah dengan bunga di bawah 5%. Adapun, menurut Arcandra, pendanaan murah itu bisa diberikan untuk sektor energi baru dan terbarukan, namun mereka mesti melihat terlebih dahulu siapa rekan bisnisnya.

“Ya, tergantung rekan bisnisnyanya, reliable atau tidak, kan tidak mungkin dia bermitra bisnis tapi perusahannya tidak jelas,” pungkas Arcandra.

 

 

 

 

 

Sumber : CNBC

Baca Juga Berita Ini :  Mendukung Penguatan Diplomasi Ekonomi

Baca Juga Berita ini

About the Author: possibolga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *