BPJS Kesehatan Gelar Audit Klaim Pelkes Bersama TKMKB Kota Sibolga

SIBOLGA, sibolgapos.com – Untuk memastikan mutu pelayanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berjalan dengan baik di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), BPJS Kesehatan Sibolga melakukan koordinasi bersama Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya (TKMKB) Wilayah Kerja BPJS Kesehatan Cabang Sibolga melalui kegiatan audit klaim pelayanan di Aula Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sibolga, Kamis (27/09/2018).

Kegiatan pertemuan TKMKB ini juga dilaksanakan dalam rangka tercapainya penyelenggaraan pelayanan kesehatan pada Program JKN-KIS yang cost effective, rasional dan sesuai dengan kebutuhan peserta.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sibolga Rudhy Suksmawan Hardhiko mengatakan, bahwa dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS ditemukan berbagai permasalahan termasuk potensi Kecurangan (Fraud) yang dapat menimbulkan kerugian bagi Dana Jaminan Sosial Kesehatan, sehingga pertemuan koordinasi ini merupakan salah satu upaya pencegahan yang perlu dilakukan agar dalam pelaksanaannya program ini dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Pada kegiatan tersebut dilakukan pembahasan audit klaim pelayanan dari seluruh rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Sibolga. Audit klaim yang dilaksanakan merupakan proses identifikasi, analisa dan evaluasi bukti pendukung berkas klaim pelayanan kesehatan dan penelitian kesesuaian antara data medis yang sudah diajukan oleh Fasilitas Kesehatan dengan berkas pendukung, meliputi kesesuaian dan kewajaran seluruh data yang diinput dalam aplikasi sebagai ajuan klaim.

Sementara itu hadir juga Ketua Tim Kendali Mutu Kendali Biaya BPJS Kesehatan Cabang Sibolga, Saut Hutasoit, Ketua Komite Medik RSUD Pandan, Arif Simatupang, Ketua Komite Medik RSU DR FL. Tobing, Erniwaty Panggabean, serta Perwakilan dari RS Metta Medika Sibolga, Valencia.

Kegiatan audit klaim ini juga akan rutin dilakukan sebagai wujud komitmen bersama antara BPJS Kesehatan Cabang Sibolga bersama-sama dengan Organisasi Profesi beserta Komite Medik Rumah Sakit yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang bermutu bagi seluruh peserta JKN-KIS.

Baca Juga Berita Ini :  Mendukung Upaya Pemberantasan korupsi di BUMN

“Sudah menjadi fungsi dan tugas dari Tim kendali Mutu dan Kendali Biaya yaitu untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan melakukan pengelolaan biaya secara efisien melalui kegiatan utilization review (UR) ini,” jelas Rudhy.

Turut hadir juga dalam kegiatan ini Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Sibolga Debora, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah Ade Irma Suriani, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara Ronald NS Siagian, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Humbang Hasundutan Demon R Silalahi beserta jajaran terkait. (Boy Andika/Humas BPJS Kesehatan)

Baca Juga Berita ini

About the Author: possibolga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *