BPJS Kesehatan Sibolga Gelar FGD Rujukan Online Bersama Dinkes, Asosiasi dan Faskes

SIBOLGA, sibolgapos.com – Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Cabang Sibolga menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang tindak lanjut Implementasi Sistem Rujukan Online Demi menyamakan persepsi tentang Sistem Rujukan Online yang Pelaksanaannya dibuka langsung oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sibolga Rudhy Suksmawan Hardhiko. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula BPJS Kesehatan Cabang Sibolga, Jumat (28/09/2018).

Dalam sambutannya, Rudhy menyampaikan bahwa rujukan online ini merupakan inovasi yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan demi memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Uji coba digitalisasi rujukan (rujukan online) telah dimulai sejak 15 Agustus 2018 lalu yang kemudian terbagi menjadi 3 tahap sampai dengan 30 September 2018,” jelas Rudhy.

Dalam pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat ini BPJS Kesehatan tidak bekerja sendiri. Para stakeholder turut mempunyai peranan yang sangat penting dalam menyukseskan program ini sesuai dengan kewenangannya masing-masing, salah satunya adalah fasilitas kesehatan.

Baru-baru ini, BPJS Kesehatan telah meluncurkan sebuah inovasi baru yang berkaitan dengan pelayanan peserta JKN-KIS yakni Sistem Rujukan Online. Sistem Rujukan Online ini merupakan inovasi yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan semata-mata untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kota Sibolga, Sri Wahyuni, Direktur Rumah Sakit Umum Dr. F.L Tobing, Masrip Sarumpaet, Direktur Rumah Sakit Metta Medika Sibolga, Ratnawati, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kota Sibolga, Robby Pakpahan, dan Kepala Puskesmas Pintu Angin, Erwin Kosasih.

Pada kegiatan ini BPJS Kesehatan Cabang Sibolga juga menyampaikan materi tentang implementasi Sistem Rujukan Online yang disampaikan langsung oleh Debora sebagai Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Sibolga.

Baca Juga Berita Ini :  Hoaks Berbahaya Bagi Kehidupan Masyarakat

“Dengan adanya sistem rujukan online yang memiliki konsep paperless ini, peserta tidak perlu lagi repot untuk membawa berkas atau dokumen rujukan, karena memang sistem yang dikembangkan ini telah terkoneksi secara online antara Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dengan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan. Peserta hanya cukup menunjukkan kartu peserta JKN-KIS saja,” terang Debora. (Boy Andika/Humas BPJS Kesehatan)

Baca Juga Berita ini

About the Author: possibolga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *