Begini Cara Danrem Fadjar ‘Nguliahin’ Wartawan

Sibolgapos.com – Lain pejabat, maka lain pula caranya mengenalkan diri. Misalnya cara berbeda yang ditunjukkan Danrem 023/KS Kolonel Fadjar.

Jelang tengah hari, Kamis (4/10), ia berdiri di aula Gupala, markas Korem 023/KS. Di hadapannya duduk acak puluhan wartawan yang sengaja diundang dalam sebuah acara yang dikemas dengan Kopi Pagi dan Silaturahmi.

Danrem Fadjar memegang mikrofon dan memaparkan makalahnya, laiknya seorang Dosen kepada mahasiswanya. Ia memilih tematik mendasar soal hakikat kemanusiaan dan paradigma yang berkembang di kehidupan sosial masyarakat.

Ia juga mengungkap hakikat peperangan dan pemicu-pemicunya. Terutama soal perang kekinian yang telah meninggalkan pola konvensional dan lebih menghancurkan.

“Sekarang ada perang menghancurkan kemauan, kemauan itu hati, jadi sasarannya bukan lagi alutsista (alat utama sistem persenjataan),” jelasnya.

Berlanjut Danrem mengungkap perang proxy dan perang cyber yang menyasar sistem, menyasar informasi hingga ruang angkasa.

“Perang juga menciptakan pasukan ruang angkasa, dan ini telah dimiliki negara-negara adidaya, itulah karena kemajuan ilmu dan teknologi,” kata Danrem.

Namun, Danrem menjelaskan, saat ini negara – negara maju, bukan lagi berfikir untuk menguasai luar angkasa, darat, laut dan udara. Mereka sudah menguasai ruang persepsi.

“Ruang Persepsi itu adalah, mempengaruhi pikiran kita, sehingga kita mengikuti kemauan mereka yang sudah menguasai ruang persepsi ini. Contohnya saja, perang melalui media. Pengaruh media sangatlah besar memerangi pola pikir manusia,” tukasnya.

Kolonel Fadjar lulusan akmil tahun 1993 ini menerangkan, bahwa untuk menguasai ruang persepsi ini, maka dibutuhkan persatuan dan kesatuan Bangsa.

“Perlu peran insan pers untuk memberitakan hal-hal yang bisa mendewasakan anak bangsa. Dan jika kita tidak cerdas dalam kondisi ini, tentu perang persepsi bisa merusak anak bangsa kita. Artinya, insan pers memiliki peran yang cukup penting dalam perang persepsi ini. Jadilah bagian dari solusi jangan jadi bagian dari masalah. Karena insan pers adalah patriot,” tukasnya.

Baca Juga Berita Ini :  UU Cipta Kerja Memberikan Perlindungan Bagi Korban PHK

Coffe morning yang digelar Danrem 023/ KS ini, dihadiri oleh Kapolres Tapteng AKBP Hary Setio Budi S.ik, Danlanal Sibolga, Dansatradar, serta Dandim 0211/TT. (Boy Andika)

Baca Juga Berita ini

About the Author: possibolga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *