BPJS Kesehatan dan Dinkes Humbahas Bahas Memperkuat Sistem Kapitasi

sibolgapos.com – BPJS Kesehatan Cabang Sibolga melaksanakan kegiatan Pertemuan dengan Dinas Kesehatan Humbang Hasundutan dalam upaya memperkuat sistem Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBK) di Ruang Rapat Dinas Kesehatan Kabupaten Humbang Hasundutan, Rabu (10/10/218).

 

Staf Utilisasi Pelayanan Kesehatan Primer dan Anti Fraud BPJS Kesehatan Cabang Sibolga Jhonson Parulian Marbun menjelaskan, bahwa Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBK) merupakan penyesuaian besaran tarif kapitasi berdasarkan hasil penilaian pencapaian indikator pelayanan kesehatan perseorangan yang disepakati berupa komitmen pelayanan FKTP dalam rangka peningkatan mutu pelayanan.

 

“Adapun indikator dimaksud adalah angka kontak, rasio rujukan rawat jalan non spesialistik, dan rasio peserta prolanis rutin berkunjung ke FKTP,” jelas Jhonson.

 

Pada kegiatan ini BPJS Kesehatan Cabang Sibolga juga menyampaikan beberapa hal diantaranya, hasil capaian KBK Triwulan III Tahun 2018 dan Perpres 82 Tahun 2018 terkait masa kadaluarsa klaim fasilitas kesehatan yang diajukan kepada BPJS Kesehatan.

 

Sementara itu Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Humbang Hasundutan Demon Rivai Silalahi juga menyambut baik adanya kerjasama yang dijalin antara BPJS Kesehatan dengan Instansi Terkait di Lingkungan Pemerintahan Humbang Hasundutan.

 

“Diharapkan dengan diadakannya pertemuan dan koordinasi yang baik antara BPJS Kesehatan dengan Dinas Kesehatan Humbahas, maka dapat meningkatkan serta menguatkan pelaksanaan sistem KBK di wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan, serta hubungan dan kerjasama yang baik tetap terus terjaga,” ujar Demon.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Humbang Hasundutan bersama tim, Budiman Simanjuntak, Anggota Tim Kendali Mutu Kendali Biaya Cabang Sibolga Janti Marbun, Verifikator Penjaminan Manfaat BPJS Kesehatan Kabupaten Humbang Hasundutan Ferdiyanto Tampubolon, dan Staf Utilisasi Pelayanan Kesehatan Primer dan Anti Fraud BPJS Kesehatan Cabang Sibolga Jhonson Parulian Marbun. [Boy Andika/Humas BPJS Kesehatan)

Baca Juga Berita ini

About the Author: possibolga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *