BPJS Kesehatan Gelar Sosialisasi Program JKN Kepada Pers

sibolgapos.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Sibolga laksanakan media ghatering, untuk mensosialisasikan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada pers di wilayah Sibolga-Tapteng, Senin (22/10/2018).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sibolga, Rudhy Suksmawan Hardhiko menyampaikan, tujuan kegiatan ini adalah untuk menyampaikan beberapa program yang sedang mereka jalankan.

“tujuan Media Gathering ini untuk menyamakan persepsi tentang Program JKN yang diselenggarakan BPJS Kesehatan, serta meningkatkan pemahaman tentang Program JKN kepada masyarakat melalui media, termasuk mempererat silaturahmi antara BPJS Kesehatan dengan media di wilayah Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah,” ujarnya.

Ia mengaku, media mempunyai peran penting dalam pemberian informasi kepada masyarakat tentang hal yang bersifat edukatif dan membangun. BPJS Kesehatan sebagai badan yang menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat tentunya sangat membutuhkan keberadaan media untuk dapat melakukan sosialisasi dan memberikan informasi kepada masyarakat tentang program ini.

Beberapa inovasi yang telah dikembangkan BPJS Kesehatan diantaranya, aplikasi Mobile JKN yang dapat memudahkan peserta untuk memperoleh informasi tentang Program JKN-KIS, merubah data kepesertaan, mendaftar sebagai peserta, melihat status iuran, serta menyampaikan keluhan. ini dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi smartphone yang berbasis Android maupun IOS.

“Inovasi lain yang baru-baru ini telah diluncurkan oleh BPJS Kesehatan adalah sistem rujukan online, yang mana sistem ini merupakan salah satu bentuk digitalisasi rujukan. Peserta tidak perlu lagi membawa kertas rujukan dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), yang tentunya sangat memberikan kemudahan dan kepastian bagi peserta JKN-KIS,” ujar Rudhy.

Peserta JKN-KIS di Sibolga Hampir 100 Persen

Saat ini, BPJS Kesehatan terus menggerakkan program Promotif dan Preventif bagi peserta JKN-KIS, salah satunya bekerjasama dengan Laboratorium Prodia dalam hal deteksi dini kanker rahim bagi para ibu peserta JKN-KIS. Dari segi kepesertaan peserta JKN-KIS di Kota Sibolga sendiri hampir mencapai 100 persen. Atas pencapaian tersebut Pemerintah Kota Sibolga melalui Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk menerima penghargaan Universal Health Coverage Award dari Presiden RI Joko Widodo pada 23 Mei 2018 lalu di Jakarta.

Baca Juga Berita Ini :  Menepis Isu Pencekalan Habib Rizieq

“Atas penghargaan yang telah diterima oleh Walikota Sibolga, kami mengucapkan terima kasih banyak atas kerjasamanya selama ini. Ini bukti bahwa Pemerintah Kota Sibolga menunjukkan perhatian yang serius terhadap Jaminan Kesehatan masyarakat Kota Sibolga,” ujar Rudhy.

Ia juga terus berusaha bersama timnya dan juga mendorong kabupaten/kota lainnya yang berada di wilayah kerjanya untuk terus berupaya bersama-sama mencapai UHC pada 2019. Berdasarkan data terakhir dari BPJS.  untuk wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Tapanuli Utara, dan Kabupaten Humbang Hasundutan jumlah kepesertaannya berkisar diantara 60- 70%.

Rudhy mengajak masyarakat Sibolga yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, segera dapat mendaftarkan dirinya sebagai peserta JKN-KIS sebelum sakit. Kepada masyarakat yang sudah menjadi peserta JKN-KIS dihimbau untuk tetap rutin membayar iuran JKN-KIS agar tidak terkendala saat akan memperoleh pelayanan kesehatan.

“Channel pembayaran juga telah banyak ditemui sehingga masyarakat tidak perlu merasa kesulitan untuk dapat membayar iuran JKN-KIS. Diantaranya melalui Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri, Indomaret, Alfamart, Kantor Pos. Iuran JKN-KIS dapat dibayarkan melalui Kader JKN yang merupakan mitra resmi dari BPJS Kesehatan,” tambahnya. (Boy Andika)

 

Baca Juga Berita ini

About the Author: possibolga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *