Musdes RKP Desa dan APBDes Tahun 2019 Desa Saragih

sibolgapos.com – Pemerintah Desa Saragih menggelar musdes untuk kegiatan DD Tahun Anggaran 2019 di gedung SDN 153046 Saragih 1 kecamatan Manduamas Kabupaten Tapanuli Tengah, Rabu (14/11/2018).

Kepala Desa Saragih Sahwin Tumanggor mengajak masyarakat Desa Saragih untuk mendukung dan saling bekerjasama untuk program DD Tahun 2019.

“Program DD ini harus kita kerjakan bersama, demi pembangunan Desa yang lebih baik untuk masa yang akan datang. Diharapkan dalam Musdes perencanaan ini diberikan kepada masyarakat untuk menyampaikan usulan-usulan kearah mana yang akan kita bangun untuk program DD tahun 2019,” ungkap Sahwin.

Pada kesempatan itu, Pendamping pemberdayaan desa Mesti Sartika Sitangga menjelaskan, Musdes ini atas undangan dari BPD Saragih yang tujuannya untuk musyawarah menyampaikan usulan masyarakat tentang program DD tahun 2019.

“Kami dari pendamping mengharapkan seluruh lapisan masyarakat bahu membahu dalam pelaksanaan pembangunan,” harapnya.

Katanya, Musdes masyarakat setiap dusun di desa Saragih menyampaikan usulan-usulan untuk program DD Tahun 2019. RKPDes tahun anggaran 2019 yang diusulkan masyarakat Desa Saragih adalah, Pembangunan Rambing ke perbangsian, Pembangunan Rabat Beton, Pembangunan Balai Desa/Gedung Paud, kelanjutan Pembangunan Rabat Beton ke Bendungan.

“Dibidang pemberdayaan Pelatihan Mengayam keranjang dari Bambu, mengayam tikar dari pandan, kegiatan sosial dasar lansia, pemberian makanan tambahan balita/anak sekolah, kegiatan PKK (jahit menjahit), pemberian intensif guru PAUD, guru mengaji, guru sekolah minggu, Kompensasi SPP,Budi Daya Seni Musik (keyboard/tratak), bantuan peralatan olah raga, Pemberian Intensif Kader Posyandu dan pengembangan modal usaha Bumdes,” terangnya.

Sappit Manalu warga Desa Saragih mengatakan, sangat mendukung pelaksanaan Musdes RKPDesa dan APBDesa tahun 2019 dan siap mendukung semua pelaksanaan Program tahun 2019 yang akan datang.

“Kami bersyukur dilaksanakan rapat musdes ini, karena kami dapat mengusulkan berbagai kegiatan untuk program tahun 2019 yang akan datang,” pungkasnya.

Turut hadir pada musdes, Pendamping Lokal Desa Abdul Kadir Manullang, Sahinuddin Manjuntak, Sekdes Jimson Barasa, BPD Donal Sihotang, LPM Piner Mungkur, Kaur Pembangunan Gultom Barasa, Kaur Pemerintahan Jenda Efendi Barasa, ketua Bumdes Adven Barutu, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat beserta perangkat Desa dan Masyarakat Desa Saragih. (Allin)

Baca Juga Berita ini

About the Author: possibolga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *