DD Binjohara Uruk, Lirik Pendirian Gedung PAUD, Pembukaan Infrastruktur Jalan, Juga Penyediaan Sumur Bor

Manduamas,sibolgapos

Pemeritah Desa Binjohara Uruk menggelar musdes untuk kegiatan DD Tahun Anggaran 2019 di gedung SMK N 1 Manduamas kecamatan Manduamas Kabupaten Tapanuli Tengah-Sumatera Utara, kamis (15/11/2018).

Dibuka oleh ketua BPD Alfontus Tumorang dengan menyatakan bahwa, musdes ini resmi dibuka dengan mengetok meja 3 kali yang di sambut dengan tepuk tangan oleh peserta musdes.

Kepala Desa Binjohara Uruk Mardin Barutu mengajak seluruh lapisan masyarakat Desa Binjohara Uruk untuk saling bahu membahu demi suksesnya keseluruhan program Dana Desa ( DD ) tahun anggaran 2019.

“Apapun nantinya program DD ini kita harus kerjakan bersama demi pembangunan Desa yang lebih baik untuk masa yang akan yang lebih baik.

DD akan tetapkan melalui kesepakatan bersama berdasarkan azas mamfaat juga tepat sasaran dan tepat guna, ujarnya.

Robert Silaban seksi pemberdayaan pemerintahan Desa dan Kelurahan sekaligus mewakili kecamatan pada kesempatan tersebut mengatakan, musdes yang dilaksanakan akan mengusulkan program yang sifatnya Padat Karya Tunai, karena sesuai intruksi pimpinan.

“Peran masyarakat dalam mengerjakan program DD harus berazasjan tepat guna, tepat sasaran berlandaskan kesepakatan tanpa mengangkangi peraturan yang berlaku, menurutnya, penyusunan RKP Desa agartidak mengutamakan alat berat, kecuali keadaan terpaksa.

“Usulan yang disampaikan diharapkan sifatnya masuk akal dan sangat diharapkan usulan dalam musdes ini yang sifatnya padat karya tunai.

Mhd Yusuf Silaen, pendamping infrastruktur kecamatan mengatakan, rencana pembangunan fisik sumber DD, harus melalui kesepakatan berazaskan skala prioritas melalui kesepakatan bersama atau pilihan tertinggi, DD juga bukan hanya pembangunan fisik namun juga bidang pemberdayaan.

Fisik DD Padat Karya Tunai, diutamakan tenaga lokal ( masyarakat desa ) itu sendiri, sehingga berdampak positif bagi perekonomian masyarakat desa.

Pendamping lokal desa (PLD) Nur Afni Sihombing pada kesemlatan tersebut mengatakan hal yang sama.

“Kami dari PLD sangat mengharapkan seluruh lapisan masyarakat bahu membahu dalam pelaksanaan pembangunan,” harapnya.

Menurutnya, musdes yang di laksanakan di Desa Binjohara Uruk menyampaikan usulan-usulan untuk program DD tahun 2019. RKPDESA Tahun anggaran 2019 yang di usulkan masyarakat Desa Binjohara Uruk adalah, Pendirian Gedung PAUD, Pembukaan Jalan Serentabe, Kantor Desa (lokasi sudah ada), Kelanjutan Pembukaan Jalan 2017, Penyediaan Sumur Bor.

“Dibidang pemberdayaan salah satu anggota PKK Jenni Meha dari dusun IV mengusulkan penambahan modal simpan pinjam perempuan (SPP), membiayai ketrampilan kerajinan Tangan, pembiayaan giji lansia, balita,” terangnya.

Turut hadir pada musdes, pendamping pemberdayaan desa Mesti Sartika Sitanggang, Sekdes Jaiman Situmorang, Bendahara Sardinus Sihotang, Babinsa Kecamatan Manduamas/koramil 01 Barus Anton Nugroho, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat beserta perangkat Desa dan masyarakat Desa Binjohara Uruk. (Allin)

Baca Juga Berita ini

About the Author: Mariana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *