Antisipasi Bahaya Longsor, Bupati Samosir Ajak Warga Cinta Alam

Samosir-sibolgapos

Rapidin Simbolon, Bupati Samosir-Sumatera Utara, ajak masyarakat luas bersahabat dengan alam, Minggu (13/2).

Maraknya bahaya longsor yang terjadi diberbagai daerah menjadi perhatian umum serta meningkatkan kewaspadaa, hal tersebut menjadi salah satu peringatan bagi masyarakat khususnya Kabupaten Samosir agar menjaga kelestarian hutan.

Menurutnya, gunung gundul berdampak kepada bahaya longsor yang berdampak kepada kerugian Negara juga masyarakat, sehingga perlu dilakukan waspada dini, sebab mencegah lebih baik daripada mengobati.

Ajakan tersebut dimulai dengan memberikan contoh kepada masyarakat dengan mengajak seluruh staf setiap hari jumat menanam kayu (pohon) didaerah tele daerah sanggahan Danau Toba.

Rapidin Simbolon menambahkan, untuk menjalin persahabatan dengan alam diperlukan perhatian dan tindakan serius bahkan memerangi pelaku penebangan illegal.

Samosir yang dijuluki dengan kepingan surga ini, harus kita jaga serta kita cinta sehingga keindahan itu tetap terjaga dan alam sekitarnya tetap terlindungi.

“Danau Toba yang dikelilingi bukti barisan ini milik kita semua, bukan hanya milik Kabupaten Samosir, sehingga kita harus menjaga serta melestarikanya.

Dikatakanya, Pemkab Samosir bersama Aparatur Sipil Negara melakukan penanaman berbagai jenis Pohon di sekitar Tele. Program itu dilaksanakan secara rutin setiap hari jumat. tujuan penanaman untuk menghijaukan daerah penyangga Danau Toba.

Sebelum turun kelapangan, Rapidin Simbolon, terlebih dahulu melakukan cek lokasi untuk mepersiapkan peralatan seperti tali pembantu jika lokasi cukup terjal dan mempersiapan bibit kayu untuk ditanam.

“Untuk menenam kayu dilokasi yang terjal kita menurunkan tenaga profesional dan batuan peralatan lainya seperti tali penyanggah. Menurutnya mencintai alam dibutuhkan kerja keras dan pengorbanan.

“Ayooo selamatkan Danau Toba, mari berbuat dan menyelamatkan Danau Toba, demi masa depan anak cucu kita, ujarnya. (Mariana Hutagalung)

Baca Juga Berita Ini :  Otsus Papua Harus Berlanjut

Baca Juga Berita ini

About the Author: Mariana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *