Tangkapan Ikal Lokal Kalah Saing, Nelayan Seruduk Kantor DPRD Kota Sibolga

Sibolga- Sibolga Pos

Sedikitnya 100 orang nelayan berasal dari Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah-Sumatera Utara, padati kantor DPRD Kota Sibolga yang beralamat di Jalan S.Parman No.26, Sibolga.

Selain menggunakan sound sistem peserta demo juga membawa beberapa ekor ikan hasil tangkapan mereka.

Chandra argawansyah, kordinator aksi dalam orasinya menyampaikan empat tuntutan nelayan.

Peserta demo meminta DPRD mendesak Pemko Sibolga untuk menghentikan masuknya ikan laut dari luar daerah Sibolga seperti Aceh, Tanjung Balai, Belawan, Padang dan Batu Bara yang menggunakan angkutan darat berupa mobil Thermoking dan mobil box.

Nelayan menuding dengan masuknya ikan luar daerah tersebut, berdampak kepada anjloknya perekonomian nelayan didaerah itu.

Selain itu, massa juga mendesak DPRD untuk mendorong Pemko Sibolga menjalani kerjasama dengan pengusaha kapal perikanan dari luar Sibolga dengan harapan menggunakan jasa angkutan laut memasuki Sibolga khususnya ikan luar daerah.

Massa juga meminta DPRD untuk mendesak Pemko Sibolga dan instansi berwenang membuka UPT (unit pelaksana teknis) didaerah tersebut untuk menepis kerumitan administrasi kapal penangkap ikan.

Massa mengancam akan menggelar aksi yang lebih besar jika tuntutan mereka tidak diindahkan.

Jamil Zebtumori, Wakil ketua DPRD Sibolga pada kesempatan tersebut, mengatakan, tetap berpedoman pada Undang Undang yang belaku.

Namun pihaknya akan menyampaikan tuntutan para nelayan tersebut untuk dianalisa sebagai mana amanah Undang-Undang yang berlaku, ujarnya.(Paskah Hutagalung)

Baca Juga Berita Ini :  Komitmen Pemerintah Wujudkan Kesejahteraan di Papua

Baca Juga Berita ini

About the Author: Mariana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *