Disiplin Protokol Kesehatan Jadi Kunci Kesuksesan Lawan Covid-19 di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Kebijakan pemerintah yang beristilah new normal telah diganti menjadi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) agar masyarakat lebih paham dan sadar untuk menjaga diri serta lingkungan dengan selalu menerapkan protokol kesehatan. Sejatinya pandemi masih belum berakhir, bahkan penelitian terbaru menyebutkan bahwa Virus Corona bisa menyebar melalui airborne. Untuk itu, masyarakat diimbau untuk tetap tertib memakai masker dan menjagajarak aman, seperti pada masa awal pandemi.

Tentu masyarakat memiliki peran penting dalam memutus persebaran Covid-19 di Tanah Air. Kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan selama beraktivitas di masa kebiasaan baru akan membantu pencegahan semakin meluasnya Virus Corona. Sikap kedisiplinan dalam mematuhi protokol kesehatan merupakan bentuk kesadaran dan kepedulian kita pada sesama. Karena sikap disiplin yang kita tunjukkan selama beraktivitas di masa kebiasaan baru akan menolong banyak orang dan membantu percepatan penanganan Covid-19.

Kedisiplinan masyarakat dalam menjaga diri dan kesadaran untuk saling peduli menjaga keselamatan bersama menjadi tumpuan pencegahan penularan Covid-19. Beradaptasi dalam kebiasaan baru di masa AKB akan mencegah masyarakat dari risiko penularan Covid-19. Selain itu, membantu pemerintah dalam menyukseskan kebijakan pemulihan ekonomi yang juga tidak bisa lepas pengaruhnya terhadap keamanan nasional.

Mengubah kebiasaan lama dengan kebiasaan baru dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat diharapkan bisa memutus mata rantai penularan Covid-19 khususnya di Indonesia. Tidak ada ruginya menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri dan lingkungan. Justru menghasilkan sebuah pola kehidupan yang lebih maju dan tentunya akan berpengaruh kepada sektor kehidupan lainnya.

Oleh sebab itu, membangun kesadaran masyarakat dalam menerapkan prokol kesehatan sebagai gaya hidup di era kebiasaan baru harus dilakukan. Sebab inilah satu-satunya ikhtiar yang bisa dilakukan untuk dapat terhindar dari bahaya Covid-19 yang hingga saat ini masih mengintai masyarakat.

Selain itu, di fase AKB ini, seluruh warga wajib bekerja lebih keras daripada sebelumnya, sebab dampak pandemi Covid-19 nyata dan telah membuat dampak buruk di hampir seluruh sektor kehidupan khusunya kesehatan dan ekonomi. Oleh karenanya, manfaatkan kesempatan di era AKB ini, agar lebih berkarya dan berusaha untuk tetap produktif dan optimis menghadapi kondisi bangsa di tengah pandemi Covid-19.

Fase AKB membuat kita memiliki kesempatan untuk meningkatkan kondisi perekonomian yang sempat pingsan karena badai pandemi. Tetaplah disiplin dan berdoa agar pandemi lekas berakhir. Semoga semua usaha di fase AKB membuahkan hasil yang sangat manis demi membangun bangsa yang sehat dan kuat menghadapi tantangan pandemi Covid-19 demi mencapai tujuan kemerdekaan Indonesia yang adil, makmur, dan maju.

Oleh: Janto Kusuma (Ketua Forum Pegiat Media Sosial Independen Regional Lampung)

Baca Juga Berita ini

About the Author: Mariana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *