Polres Tapteng Gelar Apel Pasukan OPS Lilin Toba Pengamanan Natal & Tahun Baru

Sibolgapos- Tapteng
Polres Tapanuli Tengah Gelar Apel Pasukan Operasi lilin Toba 2020, Senin (21/12/2020) Bertempat di Lapangan Mapolres Tapteng

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2020 dengan Thema Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2020 kita tingkatkan sinergitas Polri dengan Instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di tengah Pendemo Covid-19.

Pimpinan Apel Gelar Pasukan Kapolres Tapteng AKBP Nicolas Dedy Arifianto SH SIK Membacakan Amanat Kapolri mengatakan.” Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan Ibadah dan perayaan pergantian tahun baru di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian.

“Peningkatan aktifitas masyarakat tentu sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan Kamseltibcar lantas dan pelanggaran Protokol Kesehatan Covid-19.

Oleh karena itu Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2020 yang akan dilaksanakan selama 15 hari, mulai (21/12/2020 – 04/01/2021), dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

Tentunya dengan menetapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.

” Pengamanan tidak dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimatee dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa Pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegitan perayaan Natura menimnulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.

Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan Kamtibmas harus kita antisipasi, antara lain ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar , kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

Baca Juga Berita Ini :  Mengapresiasi Usulan Revisi UU ITE

“Pada Adpel, ada beberapa penekanan disampaikan untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME. Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.”

“Tingkat kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natura. Laksanakan pengamanan secara proporsional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan Anggota dengan buddy system, laksanakan penegakan hukum secara professional dan proporsional serta bertindak secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.”

Mantapkan kerja sama, sinergi dan solidaritas pada pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi. Tetap menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam mencegah Covid-19, yaitu tiga M, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Demikian Kapolres Tapteng AKBP Nicolas Dedy Arifianto SH SIK MH menyampaikan Amanat Kapolri yang di sampaikan secara tertulis oleh Paur Kasubag Humas Polres Tapteng Iptu Horas Gurning Senin. (21/12/2020).

Kegiatan Apel, di hadiri Wakil Bupati Tapteng, Danlanal Sibolga, Dansat Radar 234 Tapteng, Dandem POM 1/2 Sibolga, Waka Polres Tapteng, Para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran Polres Tapteng. (Richard DA Panjaitan)

Baca Juga Berita ini

About the Author: Mariana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *