Archives Oktober 2024

Bagnaia Senang, Ada Persaingan Sesama Murid Valentino Rossi

Para murid Valentino Rossi mulai mencuri perhatian di MotoGP 2023. Ada Francesco Bagnaia yang jadi juara musim lalu, kini Marco Bezzecchi lagi on fire!

Kedua rider MotoGP itu pernah menimba ilmu di timnya Valentino Rossi, VR46. Khusus Francesco Bagnaia, dirinya lanjutkan karier ke tim Ducati dan juara dunia di MotoGP 2022 kemarin.

Sedangkan Marco Bezzecchi, membela tim VR46 Racing. Di Klasemen MotoGP 2023 sementara, Bezzecchi pimpin klasemen dengan 50 poin disusul Bagnaia dengan 43 poin.

Baca juga: Marco Bezzecchi Dinilai Bisa Rusak Peta Persaingan MotoGP
Baca juga: Jadwal Kualifikasi MotoGP Amerika Serikat 2023 Nanti Malam

Dilansir dari Crash, Francesco Bagnaia senang bersaing dengan Marco Bezzecchi karena sama-sama satu ‘perguruan’. Pecco tidak akan segan untuk adu cepat dengannya!

“Jika saya harus memilih pesaing, pasti lebih baik dari sesama tim akademi,” ujarnya.

Baca juga: Tiada Dendam Miguel Oliveira kepada Marc Marquez

Francesco Bagnaia tidak merasa di atas angin. Dirinya tahu kalau Marco Bezzecchi punya potensi tapi mengingatkan, MotoGP 2023 baru dimulai dan masih banyak kejutan di depannya!

“Kita semua rasanya tahu dan harus akui bakat serta kecepatan dari Bezzecchi,” tegasnya.

“Tapi terlalu dini memasukkan namanya sebagai calon favorit juara, saya juga enggan disebut seperti itu karena baru tiga balapan di musim ini,” tutupnya.

Baca juga: Bagnaia Jawab Tudingan Diuntungkan Ducati, Singgung Rossi dan Marquez

(aff/krs)

FOBI Gelar Kejuaraan Dunia, 10 Negara Ambil Bagian

Indonesia akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Barongsai dengan memperebutkan Piala Presiden. Ajang ini perdana bergulir di Tanah Air.

Kejuaraan ini bertajuk First FOBI World Lion and Dragon Dance Championship 2024, berlangsung di Britama Arena, Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta pada 17-19 Mei.

Event yang digagas Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (PB FOBI) ini akan diikuti 550 atlet dari 10 negara di dunia.

Selain Indonesia, negara yang terlibat adalah Singapura, Hong Kong, Malaysia, Myanmar, Vietnam, China, Taiwan, Thailand, dan Australia.

“Kejuaraan ini merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan oleh PB FOBI sejak diterima sebagai anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pada 20 Februari 2013,” kata Ketua Umum PB FOBI Edy Kusuma seperti dilansir Antara.

Baca juga: Resmikan Kantor FOBI, KONI Harap Barongsai Angkat Wisata Olahraga RI

Selain memperebutkan Piala Presiden, ajang kelas dunia itu akan memperebutkan dua piala berbeda. Total ada tiga jenis kelompok pertandingan, yakni kelompok pertama akan memperebutkan Piala Presiden melalui pertandingan Barongsai (Southern Lion Dance).

Untuk kelompok kedua, lanjut dia, adalah pertandingan Pekingsai (Northern Lion Dance) yang akan memperebutkan Piala Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Kemudian, terakhir adalah pertandingan Naga (Dragon Dance) dan akan memperebutkan Piala Menteri Pertahanan.

Panitia telah mengadakan pelbagai persiapan, termasuk antar jemput para atlet mancanegara dan segala keperluan akomodasi sejak mereka datang dan kembali ke negaranya. Pelayanan yang sama juga diberikan kepada para atlet nasional Indonesia.

Semua upaya ini diberikan untuk menciptakan suasana dan kenyamanan bagi para atlet yang akan bertarung. Demikian juga dengan para juri yang akan memimpin kejuaraan. Mereka adalah para juri berpengalaman yang diundang dari beberapa negara dan memiliki sertifikat juri internasional sehingga layak untuk memberikan nilai kepada setiap tim yang bertanding.

Dukungan dan Doa Keluarga Iringi Perjuangan Peserta BNI Sirnas Banten

BNI Sirkuit Nasional (Sirnas) A Banten 2023 memasuki babak semifinal pada hari ini. Para keluarga atlet, datang mendukung anak-anak mereka untuk merebutkan tiket ke final baik di GOR Maulana Yusuf, GOR Citra Abana dan GOR Flamengo.

Salah satunya adalah Pujiawan, yang datang jauh-jauh dari Garut, Jawa Barat ke Kota Serang. Ia membawa serta ibu dan bapaknya untuk mendukung anak bungsunya main di nomor Tunggal Taruna Putri. Adiknya, Zahra Rahma Kartina maju ke babak semifinal dan jadi unggulan kedua di kelasnya.

“Dari Garut untuk mendukung Zahra, dari pertandingan pertama ngasih semangat,” kata Pujiawan ke detikSport, Jumat (11/8/2023).

Di manapun adiknya bermain, ia selalu mendukung Zahra. Termasuk di BNI Sirnas A di Surabaya, Purwokerto, dan Bandung.

“Selalu datang di mana-mana juga, keluarga selalu mendukung, ini Sirnas yang keempat yang diikuti Zahra, selalu jadi finalis,” katanya.

Baca juga: Jadwal BNI Sirnas A Banten 2023: Hari Ini Berebut Tiket ke Final!

Keluarga tentunya memberikan harapan besar untuk Zahra. Mereka berharap agar anak perempuannya itu bisa masuk di Pelatnas.

“Tujuannya pengen juara 1, masuk Pelatnas, menaruh harapan besar ke Zahra, lolos semifinal, ke final dan targetnya sampai Pelatnas,” sambungnya.

Harapan dan dukungan yang besar juga ditampilkan oleh keluarga besar dari pemain Muhamad Falen Ammar Rizki. Pemain Tunggal Taruna Putra (TTA) ini hari ini masin di semifinal. Falen adalah putra asli dari Kota Serang.

“Kebetulan putra kami, asli dari Kota Serang, sebagai tuan rumah di Sirnas Banten,” kata Jiwan Fajar bapak dari Falen.

Baca juga: Falen, Wong Serang Asli dengan Tekad Juara di BNI Sirnas Banten

Di pertandingan semifinal hari ini, ia berharap Falen juga didukung oleh para warga Kota Serang. Dukungan itu penting sebagai penyemangat ke anaknya. Tentunya, keluarga memberi target Falen main maksimal.

“Target berharap Falen tampil lebih maksimal dan diberi kesehatan, mudah-mudahan bisa jadi juara,” ujarnya.

Sementara di partai-partai semifinal, antara lain bakal ada dua partai perebutan tiket ke final dari nomor TTA. Unggulan pertama Jaden Abdullah Usman Putra Ayus berhadapan dengan Muhamad Falen Ammar Rizki dan unggulan kedua Moh. Zaki Ubaidillah melawan Muhamad Farda Dikri Abdullah.

Nomor TTI juga menghadirkan sepasang partai perebutan tempat ke partai puncak, dengan unggulan pertama Azzahra Melani Arjisetya vs unggulan ketujuh Sausan Dwi Ramadhani dan unggulan kedua Zahra Rahma Kartina melawan Erghya Aulia Putri.

Baca juga: BNI Sirnas B Banjarbaru: Driver Online Ikut Cuan, Kian Banyak Orderan

Di nomor GTI, partai perebutan tiket ke final menghadirkan pertandingan unggulan pertama Chelsea Da Silva Yogia/Chelsea Putri Mairera Sensa melawan Bernadine Anindya Wardana/Velisha Christina dan unggulan ketiga Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinnara Nastine vs Geraldine Alexandra Bolang/Nahya Muhyifa.

Ajang BNI Sirnas 2023 sendiri merupakan turnamen bulutangkis berskala nasional yang menjadi ajang unjuk gigi para pebulutangkis muda potensial. Gelaran itu sekaligus menjadi tolak ukur pembinaan bulutangkis nasional sekaligus ajang buat para atlet dalam menjaring poin nasional dan pematangan atlet-atlet muda potensial. Lewat BNI Sirnas 2023, para pebulutangkis muda Indonesia akan mengerahkan kemampuan terbaiknya dalam usaha merintis jalan ke pelatnas PBSI sekaligus menjadi pemain top andalan Merah Putih di masa depan.

Ajang pencarian bibit muda bulutangkis ini didukung penuh oleh BNI. Sebagai salah bentuk komitmen untuk mempromosikan dan mempopulerkan BNI Sirkuit Nasional 2023, PP PBSI secara resmi juga bekerjasama dengan detikcom dan CNN Indonesia sebagai official media and broadcasting partner di semua seri BNI Sirnas 2023.

Simak rangkuman informasi BNI Sirkuit Nasional 2023 selengkapnya di halaman khusus berikut ini!

(bri/krs)

Debut di Paralimpiade 2024, Maulana Rifky Kejar Personal Best

Perenang Maulana Rifky Yavianda menjalani debutnya di Paralimpiade Paris 2024. Di multievent itu, ia mematok target memecahkan personal best-nya.

Maulana Rifky punya catatan waktu terbaik 1 menit 03,55 detik pada nomor 100 meter gaya punggung klasifikasi 12 dan 55,53 detik untuk nomor 100 meter gaya bebas klasifikasi S12.

Rifky punya potensi memecahkan rekor pribadinya di Paris La Defense Arena. Hal itu tak lepas dari pencapaian di multiajang sebelumnya di Asia.

Baca juga: Target Syuci Indriani: Lolos Final Para Renang di Paralimpiade 2024

Pada Asian Para Games di Hangzhou 2023, Rifky menyumbangkan dua emas dan satu perak. Yaitu emas di nomor 100m gaya punggung klasifikasi S12 dan 100m gaya bebas klasifikasi S12, serta perak di 100m gaya kupu-kupu S12.

Nah di Paralimpiade Paris, Rifky akan turun di nomor yang sama. Namun hanya dua kategori yaitu 100m gaya punggung klasifikasi S12 dan 100m gaya bebas klasifikasi S12.

Rifky mengaku tak gugup meskipun berstatus pendatang baru di Paralimpiade. Ia malah terus berlatih keras agar adaptasinya cepat dengan kondisi dan cuaca di Paris.

“Saya diberi target pada Paralimpiade ini untuk bisa pecah personal best time dan masuk final. Di sini musuh-musuhnya, acuan waktunya memang tajam-tajam,” kata Rifky dalam keterangan tertulis melalui NPC Indonesia.

Baca juga: Paralimpiade 2024: Tim Indonesia Sudah Berlatih, Kampung Atlet Memuaskan

Tak jauh berbeda dengan Rifky, Jendi Pangabean yang sudah tiga kali tampil di Paralimpiade ini juga antusias menghadapi multievent paling bergengsi sejagat raya ini. Meskipun perubahan cuaca yang ada di Paris menjadi tantangan tersendiri baginya.

“Ini Paralimpiade yang ketiga buat saya, targetnya bisa memberikan yang terbaik. Kami akan maksimal saat pertandingan nanti,” kata Jendi.

Jendi pertama kali tampil di Paralimpiade 2016 di Rio de Janeiro. Ia berlomba di nomor 100m gaya punggung S9 dan harus puas menempati peringkat ke-12 usai membukukan waktu 1 menit 08,28 detik.

Sedangkan di Tokyo, ia menduduki peringkat sembilan dengan catatan waktu 1 menit 07,10 detik pada nomor perlombaan yang sama.

“Semoga hal-hal baik diberikan kepada saya,” Jendi mengharapkan.

Baca juga: Kontingen Indonesia Bawa Gudeg hingga Keripik ke Paris

(mcy/aff)

Cilegon Baru Saja Gelar Turnamen Golf Akhir Pekan Kemarin

Cilegon baru saja menuntaskan turnamen golf Piala Bergilir Walikota Cilegon Cup 2023. Seperti apa keseruannya?

Turnamen tersebut dihelat di The Royale Krakatau Golf 7 Country, Cilegon, Sabtu (18/11/2023) yang diikuti 130 peserta, di antaranya para member, non member, eksekutif puncak di perusahaan BUMN maupun swasta, pejabat pemerintah pusat, daerah, komunitas perbankan, dan antarpelaku bisnis.

Event ini memang dilaksankan untuk ajang pertemuan para eksekutif dengan suasana berbeda dari kesehariannya.

Fauzi Desviandy selaku ketua pelaksana Turnamen Golf Walikota Cilegon Cup 2023 bersyukur dengan terselenggaranya event tersebut. Rencananya agenda ini akan kembali digelar rutin setiap tahunnya bersama Persatuan Golf Indonesia (PGI) Cilegon dan melibatkan partisipasi para sponsor.

“Puji syukur kehadirat Allah SWT, kita dapat menggelar kembali event Turnamen Golf Piala Walikota yang sempat terhenti karena pandemi. Sebenarnya event ini kegiatan yang lama yang pernah diselenggarakan sebelumnya, namun baru sekarang kami gelar kembali bersama pengurus PGI Cilegon dan bekerjasama dengan Krakatau Steel, Bank Jabar Banten (BJB) dan para sponsor lainnya.Turnamen ini kita buat untuk memperkuat silaturahmi segenap pemerhati olahraga golf di Kota Cilegon juga sekaligus ke depan untuk memperhatikan para atlet golf yang ada di Banten khususnya di Kota Cilegon,” ujar Fauzi dalam keterangan tertulis.

Pada pembukaan Turnamen Golf Walikota Cup 2023, Walikota Cilegon Helldy Agustian hadir bersama para Direksi Krakatau Steel dan juga Direktur Utama PT. Krakatau Sarana Properti Iip Arief Budiman yang sekaligus sebagai wakil ketua panitia.

Fauzi mengatakan event kali tidak hanya memikirkan jalannya pertandingan semata, namun juga mengemas dengan kreativitas, seperti memaksimalkan tayangan cuplikan video serta melibatkan pedagang kaki lima yang menyajikan kuliner khas Banten seperti sate bandeng, cilor, bakso serta minuman cendol dan dawet.

Baca juga: Dari Cilegon untuk Kemajuan Golf Indonesia

“Kami melihat potensi bahwa event seperti ini tidak hanya sekedar hanya menggelar pertandingan golf saja. Namun kita pikirkan sisi kreativitasnya agar ke depan minat olahraga di cabang golf juga semakin besar dan selain itu dengan fasilitas The Royale Krakatau Golf & Country Club yang mumpuni bisa menjual potensi Kota Cilegon baik lewat olahraga dan pariwisata. Jadi tidak hanya unsur fun saja, namun diharapkan adanya event seperti ini bisa mengenalkan budaya Banten, mendorong UMKM lokal dan bisa terjaring bibit pemain golf dari Cilegon yang baru,” paparnya.

Valdi Roesmahyono selaku Golf & Sports Center Manager PT Krakatau Sarana Properti (KSP) juga berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada The Royale Krakatau Golf untuk menggelar turnamen ini. Rencananya berbagai turnamen golf rencananya di venue miliknya, seperti Banten Open 2023.

“Turnamen Walikota Cup memang sejak dulu menjadi agenda rutin yang digelar disini selain banyak turnamen besar lainnya seperti Danrem Cup dan juga turnamen yang diselenggarakan oleh Krakatau Steel. Untuk menjaga kualitas lapangan, kami secara rutin ini selalu memperhatikan dan maintenance perawatan lapangan, termasuk fasilitas penunjang lainnya seperti Birdie Cafe, locker room yang memadai dan juga dilengkapi fasilitas sauna,” papar Valdi.

“Para peserta yang ikut di turnamen Walikota Cup kali ini sebenarnya bukan merupakan muka baru, mereka umumnya adalah para member setia kami. Terima kasih kepada Walikota Cilegon yang terus mendorong kemajuan olahraga di kota ini khususnya memberikan atensi untuk The Royale Krakatau Golf, salah satunya kembali mengadakan turnamen golf piala Walikota tahun 2023 dan ke depan akan digelar rutin setiap tahunnya di sini.”

Baca juga: Bakal Ada Pusat Olahraga Terpadu di Cilegon

Gregoria Revans Atas Akane, Sudah Lupakan Insiden All England 2024

Gregoria Mariska Tunjung bersyukur akhirnya revans atas Akane Yamaguchi dalam laga terakhir melawan Jepang di babak penyisihan Grup C Uber Cup 2024.

Tampil sebagai tunggal pertama laga Indonesia vs Jepang di Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasium, Rabu (1/5/2024), Jorji, panggilan karibnya harus menelan kekalahan di gim pertama dari Akane Yamaguchi 17-21.

Tapi Gregoria bangkit dan mengimbangi permainan Akane. Hasilnya, ia mampu memenangkan dua gim berikutnya 21-17, 21-13.

Baca juga: Uber Cup 2024: Gregoria Bungkam Akane, Indonesia Ungguli Jepang 1-0

“Puji Tuhan bersyukur dengan hasil hari ini dan bisa dibilang di gim pertama saya tidak cukup nyaman dengan permainan saya. Masih terlalu terburu-buru dan akhirnya melakukan kesalahan sendiri,” kata Gregoria dalam kutipan cepatnya melalui PBSI, seusai bertanding.

“Tapi untungnya gim kedua saya bisa coba lebih sabar dan lebih tahan walaupun jatuhnya seperti itu membuat saya lebih capek.”

“Tapi ternyata itu yang saya butuhkan di pertandingan tadi. Itu membuktikan juga sampai gim ketiga percaya diri saya terus stabil, konsisten yang membuat saya tidak terlalu banyak melakukan kesalahan,” lanjutnya.

Kemenangan ini tak hanya membuka kran poin Indonesia atas Jepang menjadi 1-0. Tapi sekaligus penebusan Gregoria pada kekalahan sebelumnya dari pemain Jepang ranking 4 dunia tersebut.

Mereka terakhir bertemu di All England 2024. Saat itu, Gregoria kalah dari Akane 10-21, 22-20, 18-21. Kekalahan itu cukup membekas karena Gregoria yang sudah berhasil memaksa digelarnya gim ketiga, gagal di poin-poin kritis karena hal yang di luar jangkauannya.

Gregoria, yang dalam posisi mengejar poin Akane saat kedudukan 18-20, terganggu flash kamera dari tribune penonton. Sebuah sinar menyala, dan mengarah kepadanya.

Gregoria yang tengah memukul kok, sontak menghentikan pertandingan karena merasa terganggu. Tapi umpire pertandingan tak menghiraukan aksi Gregoria. Alhasil, Akane merebut poin pamungkas, dan menangkan gim ketiga dengan skor 21-18. Momen itu pun begitu emosional bagi juara Japan Masters 2023 tersebut.

“Saat masuk ke lapangan, saya sudah tidak memikirkan insiden di All England, saya sudah melupakannya,” ungkap Gregoria.

Terlepas dari itu, Gregoria mengharapkan kemenangannya dapat diikuti oleh rekan-rekannya.

“Semoga dengan kemenangan ini, membuat teman-teman yang lain punya motivasi dan semangatnya semakin bertambah. Saya yakin mereka akan memberikan yang terbaik,” dia mengharapkan.

Baca juga: Jadwal Thomas dan Uber Cup 2024 Hari Ini

Detik-detik Carolina Marin Terkapar di Semifinal Olimpiade 2024

Carolina Marin mundur di semifinal Olimpiade Paris 2024 saat hadapi He Bingjiao. Marin sempat terjatuh, terkapar, bangkit lagi, dan akhirnya mundur dengan tangisan.

Carolina Marin hadapi wakil China, He Bingjiao di Porte de La Chapelle Arena, Paris, Minggu (4/8) pada semifinal tunggal putri badminton Olimpiade Paris 2024. Marin sedianya menangi gim pertama 21-14.

Baca juga: Carolina Marin Cedera, Gregoria Dapat Perunggu Olimpiade Paris 2024

Petaka datang di gim kedua. Saat posisi dirinya unggul 10-5, Carolina Marin terkapar!

Marin yang lepas jump smash, langsung terjatuh saat kaki kanannya tampak salah mendarat. Marin tampak kesakitan sambil menutupi wajahnya.

Baca juga: Tangis Carolina Marin

Marin sempat mendapat perawatan dan akhirnya melanjutkan permainan lagi. Tapi apa daya, kondisi lutut kanannya sudah tidak berdaya.

Setelah backhand-nya mentok di net sendiri. Marin berjalan mundur dengan terpincang-pincang. Marin langsung bersimpuh, tak kuasa menahan rasa sakit dan air matanya tumpah.

Pelatih langsung memberi instruksi kepada official pertandingan kalau Carolina Marin sudah selesai. Marin mundur.

Para penonton memberikan semangat kepada pebulutangkis berusia 31 tahun asal Spanyol itu. Marin pun meninggalkan lapangan dengan berjalan meski terpincang-pincang, menolak naik kursi roda.

Marin selanjutnya tidak melanjutkan laga esok hari, Senin (5/8) kontra Gregoria Mariska Tunjung dalam perebutan medali perunggu Olimpiade Paris 2024. Gregoria dapat bye.

Baca juga: Olimpiade 2024: Gregoria Rebut Perunggu, Sejajar Maria Kristin

Carolina Marin sedianya sudah memenangi medali emas Olimpiade Rio 2016. Daya juangnya begitu tangguh, karena dirinya sempat alami dua kali cedera ACL dan absen di Olimpiade Tokyo.

Marin lantas bangkit dengan jadi runner up di Kejuaraan Dunia pada tahun 2023 dan menangi emas di Kejuaraan Eropa 2024. Marin mengaku mau kembali catatkan torehan spesial di Olimpiade Paris 2024, namun apa daya takdir berkata lain.

Comeback stronger, Marin!

(aff/cas)

BTN Jakarta Run 2023 Dorong dan Geliatkan Sport Tourism Jakarta

Sport tourism atau kegiatan olahraga sambil berwisata sedang digencarkan di Indonesia. Tidak terkecuali di Jakarta.

Apalagi olahraga dan lomba lari kini menjadi salah satu kesenangan para wisatawan. Melihat potensi tersebut, Bank BTN bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun memutuskan untuk menggelar kegiatan BTN Jakarta Run 2023.

Tujuannya adalah untuk menggeliatkan sport tourism di Jakarta dan banyak mendatangkan wisatawan mancanegara. Sehingga nantinya semakin bisa menggerakan roda perekonomian.

Hal tersebut juga diungkapkan langsung oleh Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu di kegiatan BTN Jakarta Run 2023.

“Ini kan niatnya Pak Gubernur meningkatkan sport tourism. Jakarta awal yang baik, di beberapa kota ada beberapa sport tourism, tercapai di Jakarta lebih fun, menyenangkan,” ujar Nixon di BTN Jakarta Run 2023, Minggu (12/11/2023).

Nixon melanjutkan kegiatan BTN Jakarta Run 2023 mendapat antusias yang tinggi dari pelari di luar Indonesia. Hal itu bisa terlihat dari adanya 75 pelari yang terdiri dari 21 negara.

“Internasional 75 negara, paling banyak Kenya,” terang Nixon.

Pelari dari Kenya pun memang hampir melibas semua posisi pemenang di kategori Marathon dan Half Marathon di BTN Jakarta Run 2023.

Sementara itu, Pj Gubernur Jakarta Heru Budi mengapresiasi adanya gelaran BTN Jakarta Run 2023. Sebab kegiatan ini cikal bakal adanya gelaran Jakarta International Marathon 2024.

“Tahun depan Jakarta International Marathon. (Nanti) masyarakat juga bisa menikmati UMKM, UMKMnya juga bisa makmur meningkatkan ekonomi kita,” jelas Heru Budi.

Menurut Heru Budi, selain ekonomi kegiatan seperti ini juga berdampak agar warga bisa menikmati senangnya hidup di Kota Jakarta. Para pelari dari luar kota dan negeri pun juga bisa menikmati ikon-ikon Kota Jakarta.

Heru Budi pun mengaku saat ini pihaknya telah memiliki dan siap untuk memperbaiki fasilitas-fasilitas penunjang untuk menggeliatkan sport tourism di Jakarta.

Dheva Anrimusthi, Penentu Emas Beregu Para Bulutangkis RI

Menjadi pemain penentu pada nomor beregu bulutangkis di ASEAN Para Games 2023 bukanlah perkara mudah. Beban yang ditanggung bukan main.

Beruntung Dheva Anrimusthi mampu menanganinya dengan baik. Dheva diturunkan di partai pamungkas cabang bulutangkis ASEAN Para Games 2023 untuk melawan Malaysia, pada Sabtu (3/6/2023).

Bertanding di Morodok Techo Badminton Hall, Dheva diharapkan memenangkan pertandingan melawan Amyrul Yazid setelah skor sama kuat 1-1. Dheva sukses menang meyakinkan dua gim langsung 21-13 dan 21-8 dalam tempo 23 menit.

Baca juga: ASEAN Para Games 2023: Indonesia Raih Emas Pertama dari Bulutangkis Beregu

“Tadi kesulitan pasti ada, bagaimana caranya bisa merilekskan di pertandingan penentuan dan mendengarkan instruksi pelatih serta mengeliminasi kesalahan-kesalahan,” kata Dheva soal kunci kemenangannya, dalam rilis NPC Indonesia.

Dheva pun bersyukur atas torehan emas yang berhasil diukir bersama rekan-rekannya di nomor beregu putra. Terlebih emas itu juga yang pertama bagi Indonesia.

“Sangat bersyukur karena ini emas pertama untuk Indonesia. Terima kasih buat semuanya yang sudah dukung,” dia mengungkapkan.

“Emas ini untuk Indonesia, NPC, dan keluarga saya,” imbuh atlet asal Kuningan, Jawa Barat tersebut.

Sementara itu, Hafizh Briliansyah Prawiranegara (SU5)/Hary Susanto (SL4) yang turut mengembalikan asa medali emas Indonesia, juga memberikan kesannya.

Baca juga: Ketegangan di Balik Emas Pertama Bulutangkis ASEAN Para Games 2023

Seperti diketahui, Hafizh/Hary menyamakan kedudukan Indonesia atas Malaysia menjadi 1-1. Mereka menaklukkan ganda Malaysia Muhamad Zulfatihi (SL4)/Muhammad Fareez (SU5) dengan skor 21-12 dan 21-16.

Padahal, tensi pertandingan saat itu sangat tinggi. Malaysia memberikan perlawanan sengit hingga perolehan poin sangat ketat.

“Kami tampil lepas dan memiliki motivasi harus menang dan juara. Hari ini Indonesia harus emas. Itu lah pelecut semangat saya pribadi dan Mas Hary untuk menang lawan Malaysia. Tensi saya akui sangat tinggi, namun kami bisa melewatinya,” kata Hafizh.

Para Badminton ditarget delapan medali emas. Untuk sementara satu emas sudah diamankan dari nomor beregu putra.

Baca juga: Bulutangkis Target 8 Emas di ASEAN Para Games 2023

China Open 2023- Jonatan Lolos Usai Main Rubber Game

Jonatan Christie lolos ke babak kedua China Open 2023. Jonatan harus melewati duel tiga gim melawan wakil tuan rumah, Weng Hong Yang.

Dalam pertandingan babak 32 besar China Open 2023 di Changzou Sports Center Gymnasium, Selasa (5/9), Jonatan menang 22-20, 19-21, 21-10. Jonatan butuh waktu 1 jam 14 menit untuk menyudahi perlawanan Weng.

Jonatan mengawali pertandingan dengan baik. Dia langsung unggul 3-0 atas Weng. Jonatan beberapa kali menghasilkan poin lewat smes-smes tajam.

Weng perlahan mendekat dan mampu menyamakan kedudukan di skor 8-8. Namun, Jonatan mampu merebut tiga poin beruntun untuk memasuki interval dengan keunggulan.

Baca juga: China Open 2023: Vito Lolos ke Babak 16 Besar

Selepas interval, keunggulan Jonatan sempat hilang saat Weng menyamakan kedudukan di poin 12-12. Jonatan kemudian mulai membuka jarak dan unggul 17-14.

Namun, perolehan angka Jonatan kemudian justru terhenti di angka 17. Sementara Weng meraih lima poin beruntun untuk berbalik unggul 19-17.

Dalam posisi kritis, Jonatan mampu membalikkan keadaan dan mencapai game point. Namun Jonatan gagal mengonversinya setelah pukulannya tidak menyeberang net. Tampil lebih agresif, Jonatan meraih dua poin terakhir untuk mengamankan gim pertama.

Start Jonatan di gim kedua cukup baik dengan unggul 6-3. Jonatan cuma unggul tipis 11-10 atas Weng saat interval.

Baca juga: Rinov/Mentari Sempat Terbebani di Laga Perdana China Open 2023

Pertandingan berjalan ketat setelah interval. Jonatan dan Weng terus kejar-mengejar angka sampai kedudukan 19-19. Namun Weng yang pada akhirnya mampu memenangi gim kedua untuk memaksakan rubber game.

Jonatan sempat unggul 6-2 pada awal gim penentuan. Meski dikejar, Jonatan bisa kembali melebarkan jarak.

Jonatan yang tampil agresif unggul 15-9 atas Weng. Sejak saat itu, Jonatan tak terbendung dan terus melaju untuk mengunci kemenangan 21-10.

Jonatan Christie selanjutnya akan menghadapi Brian Yang di babak kedua China Open 2023.

Baca juga: China Open 2023: Gregoria Disingkirkan Pemain Nonunggulan

(nds/rin)

Gregoria Tatap Olimpiade- Makin Dekat, Makin Tegang

Gregoria Mariska Tunjung mengaku, dirinya semakin tegang jelang bergulirnya Olimpiade Paris 2024. Gregoria berharap ketegangannya mereda saat melakoni training camp.

Gregoria dan tim bulutangkis Indonesia terbang ke Chambly pada hari ini (13/7/2024). Mereka akan melakoni training camp di sana selama 10 hari sebelum menuju Prancis untuk berlaga di Olimpiade.

Cabor bulutangkis Olimpiade 2024 akan berlangsung pada dimulai 27 Juli hingga 5 Agustus. Gregoria mengaku sudah gugup sejak sebelum undian diselenggarakan.

Baca juga: Hasil Drawing Bulutangkis Tunggal Putri Olimpiade 2024

“Kalau boleh jujur kayaknya makin ke sini semakin tegang. Jujur ya. Apalagi kemarin-kemarin di minggu terakhir latihan itu, sebelum undian, kayaknya sudah makin intens begitu rasanya,” kata Gregoria saat ditemui di VVIP Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, pada Sabtu (13/7).

“Mungkin dari pikiran dan perasaannya sendiri. Tapi semoga dengan waktu yang cukup lama dan ini mau berangkat TC di Prancis, semoga bisa release ketegangan itu. Dan mungkin dengan sudah tahu kondisi di sana seperti apa, ada bayangan nantinya. Jadi bisa menyesuaikan,” dia melanjutkan.

Selama menjalani pusat latihan di Chambly, Gregoria mengungkap rencana persiapannya. Pebulutangkis berusia 24 tahun itu akan menajamkan fisik dan teknik di lapangan.

Baca juga: Herry IP: Rinov/Pitha Punya Kans Lolos Grup Olimpiade

“Fisik juga pasti ada tapi tak sebanyak persiapan sebelumnya karena sifatnya untuk menjaga saja. Cuma karena yang ikut ke sana untuk sparing adalah tunggal putra, jadi pasti latihan tekniknya pun bakal jauh lebih capek,” ungkap Gregoria Mariska.

Sebagai informasi, tim pelatih tunggal putri mengajak Prahdiska Bagas Shujiwo dan Alvi Wijaya Chairullah sebagai latih tanding untuk Gregoria. Khusus Alvi, dalam prosesnya, akan bergantian dengan tunggal putra.

(mcy/rin)

Aldila Sutjiadi Juara Ganda Putri Thailand Open 2024

Indonesia membawa pulang satu gelar dari ajang Thailand Open 2024. Petenis Aldila Sutjiadi juara di nomor ganda putri.

Aldilla Sutjiadi turun di final ganda putri Thailand Open 2024 pada Minggu (4/2/2024). Petenis Indonesia itu berpasangan dengan Miyu Kato asal Jepang.

Menghadapi ganda China, Jiang Xinyu/Hanyu Guo di True Arena Hua Hin, Aldila/Kato mendapat perlawanan sengit. Namun, kemenangan bisa diraih dalam partai tiga set, 6-4, 1-6, 10-7.

Di set pertama, Aldila/Kato langsung ngebut dengan merebut kemenangan 5-1. Sempat dikejar menjadi 5-4, Aldila/Kato bisa menutup set pertama dengan kemenangan 6-4.

Kekalahan kemudian ditelan di set kedua. Lawan asal China tampil apik dan menang 6-1.

Di set kedua, Aldila/Kato akhirnya bisa memastikan kemenangan dengan skor 10-7. Hasil ini membuat puas Aldila

“Saya sangat senang bisa meraih gelar juara di sini. Pertandingan hari ini sangat sengit, tapi kami terus berjuang dan saling mendukung. Terima kasih kepada Miyu, tim pelatih, dan semua pihak yang telah mendukung kami,” ujar Aldila, dalam rilis yang diterima detikSport.

“Menjadi suntikan semangat saya untuk menjalani turnamen berikutnya serta mencapai cita-cita saya untuk menjadi petenis Indonesia pertama yang menjadi juara Grand Slam,” ujarnya.

Thailand Open 2024 menjadi turnamen persiapan Aldila sebelum menuju tur Timur Tengah bulan ini. Setelah sukses di Thailand Open 2024, Aldila akan melanjutkan perjalanan ke turnamen berikutnya di WTA500 Abu Dhabi bersama Miyu. Selanjutnya, ada turnamen WTA1000 Doha dan ditutup di WTA1000 Dubai.

Dibayar Mahal Yamaha, Quartararo- Saya Memang Punya Nilai, kok!

Fabio Quartararo menerima bayaran mahal saat memperpanjang kontrak di Yamaha. El Diablo mengakui dirinya pantas mendapat upah tinggi.

Yamaha resmi menambah masa kerja Quartararo pada awal April 2024. FQ20 akan bertahan di tim Garpu Tala hingga 2026.

Kontrak baru Quartararo di Yamaha kabarnya mencapai 12 juta euro (Rp 206,8 miliar) per tahun. Angka tersebut menjadikannya sebagai rider dengan bayaran tertinggi di MotoGP.

Baca juga: Quartararo Lanjut di Yamaha sampai 2026

Perpanjangan kontrak Fabio Quartararo di Yamaha mendapat sorotan tajam. Bukan apa-apa, tim Monster Energy Yamaha cukup tertinggal dari rival-rivalnya sejak El Diablo sukses jadi juara MotoGP 2021.

Pada awal musim MotoGP 2024, Quartararo belum sempat menjejak podium dari tiga balapan yang sudah dijalani. Pencapaian tertingginya yakni P7 di MotoGP Portugal dan kini berada di urutan ke-12 klasemen dengan 19 poin.

Quartararo menampik dirinya bertahan di Yamaha hanya karena bayaran tinggi. Di satu sisi, dia menyadari kontrak besar yang didapatnya amat pantas.

Baca juga: Bos Aprilia: Quartararo? Kalau Mau Juara Tak Seharusnya Pikirkan Uang

“Kami tidak akan berbohong satu sama lain, saya rasa ya, sebagai pebalap, saya punya nilai. Dan Yamaha mengetahui hal itu dengan sangat baik,” kata Quartararo, dilansir dari Crash.

“Saya merasa terhormat bahwa merek seperti Yamaha bertaruh pada saya. Sudah beberapa tahun saya bersama mereka,” dia menambahkan.

“Alasan nomor satu tentu saja proyek untuk beberapa tahun ke depan. Secara finansial, menurut saya itu adalah sebagian kecil yang diperhitungkan dalam kontrak ini,” Fabio Quartararo menuturkan.

Baca juga: Quartararo Jadi Rider MotoGP Bergaji Tertinggi Usai Bertahan di Yamaha

Hasil NBA- Lakers Takluk di Gim Pertama Final Wilayah Barat

Denver Nuggets menumbangkan Los Angeles Lakers 132-126 di gim pertama Final Wilayah Barat NBA musim ini. LeBron James dkk memberi perlawanan sengit, namun Nikola Jokic dkk pada akhirnya tetap keluar sebagai pemenang.

Bermain di Ball Arena, Rabu (17/5/2023) pagi WIB, Nuggets tampil dominan dengan memimpin 37-25 di kuarter pertama. Jarak poin kemudian melebar menjadi 72-54 di akhir kuarter kedua. Sekilas, tuan rumah tampak akan ‘menang mudah’.

Apalagi Nuggets sempat memimpin hingga 101-81 saat kuarter ketiga tersisa kurang dari tiga setengah menit. Namun Lakers perlahan menipiskan jarak dan menutup kuarter ketiga dengan selisih 14 poin, 92-106.

Baca juga: Playoff NBA: Singkirkan Warriors, Lakers Melaju ke Final Wilayah Barat

Pada kuarter empat, Lakers menekan Nuggets lewat tembakan tiga angka Anthony Davis, Austin Reaves, Rui Hachimura, hingga Dennis Schroder. Nuggets membalas dengan cara serupa lewat Jeff Green dan Kentavious Caldwell-Pope.

Lakers sempat memangkas jarak poin menjadi 124-127, namun Nuggets berhasil bertahan dengan menambah lima poin dari Caldwell-Pope dan Jokic, sementara Lakers hanya menambah dua poin dari lemparan bebas James. Nuggets menang 132-126 dan memimpin 1-0.

Jokic menjadi penyumbang angka terbanyak Nuggets di laga ini dengan 34 poin dan 14 asis, disusul Jamal Murray dengan 31 poin. Caldwell-Pope mengemas 21 poin, disusul Bruce Brown Jr (16 poin), Michael Porter Jr (15 poin), dan Aaron Gordon (12 poin).

Sementara di kubu Lakers, Davis mencetak 40 poin, disusul James (26 poin), Reaves (23 poin), dan Hachimura (17 poin). Gim kedua akan digelar di tempat yang sama pada Jumat (17/5) pukul 07.30 WIB.

Lihat juga Video: Suga BTS Hadiri Semifinal NBA dan Bertemu Patrick Erwing

[Gambas:Video 20detik]

(adp/krs)

Hasil Wimbledon 2024- Krejcikova Juara usai Tumbangkan Paolini

Barbora Krejcikova berhasil memenangi Wimbledon 2024 usai menumbangkan Jasmine Paolini di final. Ini menjadi trofi grand slam kedua bagi petenis Ceko tersebut di nomor tunggal putri.

Bermain di Center Court All England Lawn Tennis and Croquet Club, Sabtu (13/7), Krejcikova menyudahi perlawanan Paolini dengan skor 6-2, 2-6, 6-4 dalam duel tiga set selama 1 jam 58 menit. Kemenangan ini diraih dengan perjuangan keras.

Krejcikova dua kali mematahkan servis Paolini di set pertama untuk memimpin hingga 5-1. Petenis Italia tersebut sempat menambah poin menjadi 2-5 di gim ketujuh sebelum Krejcikova mengamankan gim pertama dengan skor 6-2.

Baca juga: Foto: Hampir Tak Dikenali, Rocker Dave Grohl Mendadak Necis di Wimbledon

Pada set kedua, giliran Paolini yang tampil dominan. Ia mematahkan servis Krejcikova demi meraih tiga poin beruntun dan memimpin 3-0. Masing-masing petenis lalu sukses meraih dua poin tambahan saat memegang servis sebelum Paolini kembali mematahkan servis Krejcikova di gim kedelapan untuk mengambil kemenangan 6-2.

Pada set penentuan, keduanya saling bergantian meraih poin hingga 3-3 sampai Krejcikova berbalik unggul 4-3 usai mematahkan servis Paolini. Krejcikova kemudian menjauh dengan skor 5-3, namun Paolini juga menambah poin menjadi 4-5.

Kemenangan 6-4 diraih Krejcikova usai tiga kali meraih match point. Dalam percobaan ketiga, pukulan Paolini yang keluar saat membalas servis Krejcikova memastikan petenis 28 tahun itu menjadi juara.

Ini menjadi grand slam ke-9 dalam karier Krejcikova, atau yang kedua di nomor tunggal putri. Gelar pertama didapat olehnya di French Open 2021.

“Saya tak menyangka. Dua pekan lalu saya menjalani laga yang amat sulit dengan menang 7-5 di set ketiga laga pertama dan saya tak dalam kondisi fit sebelum itu karena cedera dan tak memiliki awal yang bagus pula. Sukar dipercaya, saya juara Wimbledon!” ujar Krejcikova, dikutip The Guardian.

Sementara Paolini harus puas menjadi runner-up dalam final grand slam kedua yang ia jalani di 2024. Ia sebelumnya kalah dari Iga Swiatek di final French Open bulan lalu dan kini harus bersabar lebih lama untuk meraih gelar mayor perdana.

“Halo semua. Barbora, kamu tampil menawan. Selamat untukmu dan tim. Dua bulan terakhir sungguh gila,” ujar Paolini, tak lupa juga mengucapkan terima kasih kepada keluarganya, tim, serta penonton yang hadir di SW19.

(adp/bay)

Hasil Swiss Open 2024- Gregoria Kalah Dramatis di Final

Gregoria Mariska Tunjung harus puas jadi runner-up Swiss Open 2024 usai kalah dari Carolina Marin. Gregoria kalah meski sempat dapat match point lebih dulu.

Dalam pertandingan final Swiss Open 2024 di St. Jakobshalle, Basel, Minggu (24/3/2024) malam WIB, Gregoria melewati duel ketat sepanjang tiga gim melawan Marin. Setelah bertarung selama 1 jam 21 menit, Gregoria kalah 19-21, 21-13, 20-22 dari juara dunia tiga kali itu.

Gregoria sempat memimpin pada awal gim pertama. Ia unggul 10-6 dan memasuki interval dengan keunggulan 11-9.

Baca juga: Swiss Open 2024: Bagas/Fikri Gagal Juara Usai Dikalahkan Wakil Inggris

Marin bisa mengejar dan berbalik unggul. Namun, Gregoria yang tertinggal 14-18 bisa menyamakan kedudukan dengan merebut empat poin beruntun.

Serangan-serangan yang tajam dari Marin membuat Gregoria kewalahan. Gregoria akhirnya kehilangan gim pertama 19-21 setelah pukulan menyilangnya melebar.

Gregoria memulai gim kedua dengan baik dan unggul 11-8 saat interval. Lewat penempatan-penempatan bola yang akurat, Gregoria meraup poin.

Gregoria beberapa kali membuat Marin jatuh bangun mengejar bola. Ia akhirnya merebut gim kedua 21-13 untuk memaksakan rubber game.

Baca juga: Mantap! Lanny/Ribka Juara Ganda Putri Swiss Open 2024

Pada gim penentuan, Gregoria merebut tujuh poin beruntun untuk unggul 10-4 atas Marin. Lewat penempatan bola silang yang gagal dikembalikan Marin, Gregoria memasuki interval dengan keunggulan 11-6.

Usai interval, Gregoria justru kehilangan keunggulan setelah Marin merebut enam poin beruntun untuk berbalik unggul. Sejak saat itu, Gregoria dan Marin terus kejar-mengejar angka sampai imbang 19-19.

Gregoria sempat mencapai match point lebih dulu, tapi digagalkan Marin. Dalam adu setting, Gregoria melakukan kesalahan dalam mengembalikan servis Marin dan memberi lawannya itu match point. Gregoria pada akhirnya kalah 20-22 dari Marin.

Baca juga: Herry IP Sebut Kans Rinov/Pitha ke Olimpiade Masih Terbuka

Hasil FP2 MotoGP Spanyol- Bagnaia Terdepan, Marquez Ketiga

Francesco Bagnaia menjadi yang tercepat di latihan bebas kedua MotoGP Spanyol 2024. Sementara Marc Marquez di posisi tiga.

Di Sirkuit Jerez, Spanyol, Jumat (26/4/2024), rider memulai dengan sulit di FP2. Banyak yang terjatuh di trek.

T1 dan T13 beberapa kali menelan ‘korban’ seperti Alex Marquez, Miguel Oliveira, dan Raul Fernandez.

Sesi makin panas menjelang akhir. Setelah satu jam latihan hampir beres, banyak rider saling salip menyalip catatan waktu.

Brad Binder sempat memimpin sesi, sebelum disalip Jorge Martin dan Maverick Vinales. Binder sendiri kemudian crash jelang waktu latihan berakhir.

Menjelang sesi ditutup, Bagnaia melesat menjadi yang tercepat. Sang juara bertahan MotoGP menorehkan waktu 1 menit 36.025s.

Maverick Vinales di tempat kedua dengan catatan waktu 1 menit 36.125 detik. Marc Marquez menutup tiga besar dengan waktu 1 menit 36.168 detik, mengungguli Marco Bezzecchi dan Jorge Martin, yang menjadi rider lima besar tercepat di FP2.

Baca juga: Hasil FP1 MotoGP Spanyol 2024: Alex Marquez Tercepat, Gresini Dominan

Hasil FP2 MotoGP Spanyol di Jerez

1 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP24)
2 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP24)
3 Marc Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)
4 Marco Bezzecchi ITA VR46 Ducati (GP23)
5 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP24)
6 Pedro Acosta SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
7 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP24)
8 Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP24)
9 Fabio Di Giannantonio ITA VR46 Ducati (GP23)
10 Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)
11 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
12 Franco Morbidelli ITA Pramac Ducati (GP24)
13 Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
14 Daniel Pedrosa SPA Red Bull KTM (RC16)
15 Alex Rins SPA Monster Yamaha (YZR-M1)
16 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
17 Raul Fernandez SPA Trackhouse Aprilia (RS-GP23)
18 Johann Zarco FRA LCR Honda (RC213V)
19 Miguel Oliveira POR Trackhouse Aprilia (RS-GP24)
20 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
21 Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)
22 Augusto Fernandez SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
23 Stefan Bradl GER HRC Test Team (RC213V)
24 Luca Marini ITA Repsol Honda (RC213V)
25 Lorenzo Savadori ITA Aprilia Factory (RS-GP24)

Hasil Kualifikasi MotoGP Italia 2023- Bagnaia Pole, Marc Marquez Kedua

Francesco Bagnaia meraih pole position usai mengungguli Marc Marquez dalam kualifikasi MotoGP Italia 2023. Di lintasan, Pecco juga sempat terlihat kesal dengan MM93.

Di sirkuit Mugello, Sabtu (10/6) sore WIB, kualifikasi MotoGP Italia 2023 diawali dengan sesi Q1. Dua rider teratas di sesi ini berhak lolos ke Q2 untuk terlibat persaingan berebut pole.

Ada nama-nama kondang seperti Fabio Quartararo, Jack Miller, Alex Marquez, dan Maverick Vinales yang harus lebih dulu saling beradu kecepatan di Q1 kualifikasi MotoGP Italia 2023.

[Gambas:Twitter]

Baca juga: Marc Marquez Tidak Patok Target Podium di MotoGP Italia 2023

[Gambas:Twitter]

Di lintasan, Alex Marquez langsung pamer kecepatan. Torehan waktu putaran 1 menit 45,298 detik membuatnya di posisi teratas untuk sementara sesi Q1, mengungguli Franco Morbidelli dengan selisih 0,456 detik.

Tak lama kemudian, tampak sebuah insiden di lintasan. Ada Raul Fernandez yang crash setelah kehilangan kendali bagian depan motornya. Sudah dua kali ia crash pada hari ini.

[Gambas:Twitter]

Pada prosesnya, Alex Marquez tidak terusik posisinya di tempat teratas Q1. Ia pun lolos ke Q2, ditemani Jack Miller yang berada di posisi kedua dengan catatan waktu terpaut 0,328 detik.

Dengan awan kelabu tampak menggantung di langit, para rider tampaknya akan berusaha langsung tancap gas di awal-awal Q2 demi mengantisipasi potensi turunnya hujan.

[Gambas:Twitter]

Enea Bastianini langsung terjatuh di awal sesi Q2! Sementara itu ada pula Marco Bezzecchi yang sudah melesat dengan waktu putaran 1 menit 45,372 detik.

Bezzecchi sempat mencatat waktu tercepat untuk sementara, dengan Marc Marquez berada di posisi kedua. Tapi tak lama berselang, giliran Jorge Martin yang melesat ke depan dengan waktu 1 menit 45,268. Bezzecchi tergeser ke posisi kedua.

[Gambas:Twitter]

Pecco Bagnaia tampak kesal dengan Marc Marquez yang baru keluar dari pit lane di depannya. Secara ekspresif, Bagnaia sempat menyejajari Marquez dan mengayun-ayunkan tangan kiri ke helm dan ke rivalnya itu dengan kesal.

Setelah itu Bagnaia menorehkan waktu tercepat sejauh ini. Marc Marquez membayanginya di posisi kedua. Pada akhirnya tiada perubahan posisi dalam kualifikasi di Mugello ini. Pecco pole, Marc Marquez kedua, dengan Alex Marquez lantas menemani mereka di posisi ketiga.

[Gambas:Twitter]

Hasil Kualifikasi MotoGP Italia 2023

POSRIDERTIM
1Francesco BagnaiaDucati Lenovo (GP23)
2Marc MarquezRepsol Honda (RC213V)
3Alex MarquezGresini Ducati (GP22)
4Jack MillerRed Bull KTM (RC16)
5Jorge MartinPramac Ducati (GP23)
6Marco BezzecchiMooney VR46 Ducati (GP22)
7Aleix EspargaroAprilia Factory (RS-GP23)
8Johann ZarcoPramac Ducati (GP23)
9Alex RinsLCR Honda (RC213V)
10Brad BinderRed Bull KTM (RC16)
11Luca MariniMooney VR46 Ducati (GP22)
12Enea BastianiniDucati Lenovo (GP23)
13Maverick ViñalesAprilia Factory (RS-GP23)
14Franco MorbidelliMonster Yamaha (YZR-M1)
15Fabio QuartararoMonster Yamaha (YZR-M1)
16Takaaki NakagamiLCR Honda (RC213V)
17Michele PirroAruba.it Ducati (GP23)
18Miguel OliveiraRNF Aprilia (RS-GP22)
19Fabio Di GiannantonioGresini Ducati (GP22)
20Raul FernandezRNF Aprilia (RS-GP22)
21Augusto FernandezTech3 GASGAS (RC16)*
22Lorenzo SavadoriAprilia Factory (RS-GP23)
23Jonas FolgerTech3 GASGAS (RC16)

(krs/adp)

Hasil MotoGP Mandalika 2023- Bagnaia Menangi Balapan di Indonesia

Hasil Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 sudah bisa dilihat. Rider Ducati, Francesco Bagnaia, yang menjadi pemenangnya.

Di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Minggu (15/10/2023), Jorge Martin tampil dominan. Pebalap 25 tahun itu sudah merebut posisi terdepan dengan posisi start keenam sejak tikungan 1.

Jorge Martin crash saat balapan menyisakan sebanyak 14 putaran. Dia kehilangan grip saat menikung di turn 11, Maverick Vinales menjadi rider terdepan.

Baca juga: Pujian Bos Dorna untuk Sirkuit Mandalika

Bagnaia mampu mengambil keuntungan jatuhnya Jorge Martin. Dia bisa menjadi pebalap terdepan saat delapan lap tersisa.

Hingga balapan selesai Bagnaia tak terkejar lagi. Dia sukses merebut kemenangan keenam di MotoGP 2023 usai melahap 27 lap dengan catatan waktu 41 menit 20,293 detik.

Melengkapi podium Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 ada Vinales dan rider Yamaha, Fabio Quartararo.

Baca juga: MotoGP Mandalika 2023: Marc Marquez Jatuh!

Dengan kemenangan ini, Bagnaia mampu kembali ke posisi teratas klasemen MotoGP 2023. Dia mengumpulkan sebanyak 346 poin.

Jorge Martin tetap ada di posisi kedua klasemen MotoGP 2023. Gagal finis, angkanya tertahan di 321 poin.

Hasil Pertamina Grand Prix of Indonesia

1. Francesco Bagnaia – 41 menit 20,293 detik.

2. Maverick Vinales

3. Fabio Quartararo

4. Fabio Di Giannantonio

5. Marco Bezzecchi

6. Brad Binder

7. Jack Miller

8. Enea Bastianini

9. Alex Rins

10. Aleix Espargaro

11. Takaaki Nakagami

12. Miguel Oliveira

13. Raul Fernandez

14. Franco Morbidelli

Baca juga: MotoGP Mandalika 2023: Masuk Pertengahan Balapan, Jorge Martin Jatuh!

(cas/adp)

INAMMAF Kirim Wakil Indonesia ke IMMAF Asian Championships 2024

Federasi Indonesian Mixed Martial Art Federation (INAMMAF) mengirim Reyhan Ramadhan Arianto ke IMMAF Asian Championships 2024 di Lahore, Pakistan.

Kejuaraan dengan format turnamen knockout itu akan berlangsung pada 18 – 22 Agustus. Ketua INAMMAF Dimaz Raditya Nazar Soesatyo mengatakan bahwa Reyhan dipilih setelah melalui tahap seleksi ketat.

Dikutip dari laman resmi IMMAF, kejuaraan ini akan diikuti oleh banyak negara Asia. Yakni Afghanistan, Bahrain, China, Hong Kong, India, Indonesia, Iran, Irak, Jepang, Yordania, Kazakhstan, Kuwait, Kyrgyzstan, Lebanon, Malaysia, Mongolia, Nepal, Pakistan, Filipina, Arab Saudi, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Tajikistan, Uni Emirat Arab, Uzbekistan, dan Vietnam.

Baca juga: Belajar Ilmu Tarung UFC Bareng Jeka Saragih

“Jadi Reyhan Arianto ini adalah satu atlet MMA terbaik, sudah melewati beberapa tahapan seleksi yang kami lakukan. Alhamdulillah Reyhan kita kirim ke kejuaraan Asian Championship IMMAF yang diadakan tanggal 18-22 Agustus di Lahore, Pakistan. Besok berangkat” kata Dimaz dalam momen pelepasan Reyhan di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (15/8/2024).

“Harapan saya dan teman-teman INAMMAF semua agar atlet-atlet MMA Indonesia bisa ikuti jejaknya mas Reyhan karena pertandingan di kancah internasional sangat banyak tapi kesempatan untuk atlet Indonesia kesana belum terlalu banyak,” ujarnya menambahkan.

Mengenai target buat Reyhan, Dimaz ingin petarung 20 tahun tersebut bisa menang dan menjadi juara. Selanjutnya Dimaz berharap INAMMAF bisa terus konsisten memberangkatkan petarung-petarung Indonesia untuk bisa berlaga di kancah internasional.

Sebagai informasi, INAMMAF adalah federasi yang baru dideklarasikan berdiri pada 25 November 2023. Kehadiran INAMMAF adalah sebagai wadah buat para atlet bela diri di tingkat amatir.

“Mudah-mudahan INNAMAF bisa menjadi jembatan untuk bisa mengirimkan atlet sebanyak-banyaknya bertanding keluar dan mudah-mudahan Reyhan bisa mendapatkan hasil yang terbaik,” tutur Dimaz.

“Kalau ditanya targetnya apa? Tentu kami ingin menang, tapi apapun hasilnya nanti dia tetap atlet terbaik kita dan masih muda, usianya masih 20 tahun,” ucapnya.

Baca juga: One Pride MMA 80: Budi Setiawan KO Irfan Aruan

Sementara itu, Reyhan mengaku masih buta dengan kekuatan lawan. Sebab dalam kejuaraan ini, para petarung akan diundi dulu untuk masuk ke dalam bagan.

Meskipun demikian, Rehyan menegaskan bahwa dirinya sudah siap melawan siapapun. Dalam persiapannya, ia sudah berlatih untuk mengantisipasi macam-macam gaya bertarung para calon lawannya.

“Di sana sistemnya turnamen, nanti ada bagannya. Kami diacak terus baru akan tahu siapa lawan-lawannya nanti. Bedanya amatir dan pro, kalau amatir kita tidak bisa melihat musuh kita karena tidak ditayangkan dimana-mana. Kalau yang pro bisa kita lihat track record-nya, jadi kita bisa lihat kelemahannya seperti apa,” kata Reyhan.

“Keunggulan saya, ya saya siap main di mana saja. Di atas, saya hajar. Kalau musuh minta main bawah, saya hajar juga. Jadi saya siap main atas atau bawah,” ucapnya.

Baca juga: ONE Championship: Kembalinya Sang Juara Christian Lee

Honda Jeblok Banget, Joan Mir Pesimistis

Honda terbukti sebagai motor yang paling tidak kompetitif di MotoGP 2024. Joan Mir pesimistis, Honda bisa membuat kemajuan dalam waktu dekat.

Mir dan tandemnya, Luca Marini baru mengumpulkan 12 poin digabungkan dalam lima balapan pertama musim ini. Pebalap Spanyol itu enam kali finis, tapi hanya sekali menembus 10 besar saat P9 di sprint race Spanyol.

Mir tercatat dua kali jatuh, termasuk di seri terakhir di Prancis. Sementara itu Marini berhasil menuntaskan seluruh balapannya tapi sama sekali gagal menyumbangkan angka.

Baca juga: Jadwal MotoGP Catalunya 2024 Akhir Pekan Ini

Alhasil, Honda menempati peringkat terbawah klasemen tim dan konstruktor MotoGP 2024. Joan Mir mengaku telah menyampaikan kekurangan RC213V, tapi tak tahu kapan performa motornya akan membaik.

“Kami punya motor yang sama yang kami gunakan di awal musim, kami tidak bisa meminta hasil yang berbeda. Kami memang sedang menderita di beberapa area spesifik. Setiap kali aku masuk ke garasi aku mengeluhkan hal yang sama. Kami semua tahu, sekarang waktunya untuk membuat reaksi,” sebut dia di Autosport.

“Di tes Jerez, mereka memahami jalan yang telah kami tunjukkan dan sekarang kami mesti menunggu orang-orang ini untuk membawa sesuatu ke arah situ. Aku tidak tahu berapa lama yang dibutuhkan untuk mulai melihat perubahan ke arah situ. Itulah realitanya,” imbuh Joan Mir.

Baca juga: Marc Marquez Bisa Gagal ke Ducati karena Masalah Ini

Saat ditanya berapa lama dia bisa menunggu reaksi Honda dan membawa kemajuan berarti pada motornya, Mir mengatakan: “Aku tidak tahu, aku mengatakannya dan aku betul-betul terus terang. Aku tidak tahu berapa lama tubuhku bisa bertahan.”

“Aku merasa aku tidak akan membuat ini terlalu jauh, tapi jadi begini. Aku sedang berusaha melakukan pekerjaan terbaik yang kubisa, mencoba di depan semuanya,” dia mengatakan.

Joan Mir dan Honda-nya segera menghadapi pekan yang menantang lainnya. Akhir pekan ini MotoGP akan bergulir di Catalunya, dimulai pada 24 Mei.

Hoki Outdoor Ditarget Medali Emas di Asian Games 2023

Kapten hoki outdoor putra Indonesia Aulia Akbar Al-Ardh menyatakan, timnya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai target yang dibebankan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) di Asian Games 2023 di Hangzhou, yakni medali emas.

Akbar begitu ia karib disapa mengatakan, meski target yang dicanangkan sangat tinggi, namun ia meyakini hal itu sebagai sesuatu yang mungkin dapat diwujudkan melihat persiapan dan kesiapan yang timnya lakukan di Pelatnas.

“Apa yang tak mungkin. Makanya, Pak Ketum KOI (Raja Sapta Oktohari) sudah menyatakan seperti itu (emas), ya berarti kita harus maksimal intinya seperti itu,” kata Akbar dalam kunjungan KOI ke Pelatnas cabor Asian Games di Lapangan Hoki, Gelora Bung Karno (GBK), pada Rabu (16/8/2023).

“Ya, saya juga tidak berkecil hati untuk di tim hoki Indonesia ini. Mau tak mau yang diberangkatkan oleh negara, yaitu yang ditargetkan. Ini bukan sedikit menjadi beban, tapi sebagai pembelajaran bagi kami bagaimana hoki di Indonesia sendiri, maupun di luar negeri,” ujarnya.

Baca juga: Menpora Dito Apresiasi Terobosan PB Perpani

Dari segi persiapan sendiri, Akbar menilai, timnya sudah cukup siap untuk tampil di Asian Games. Sebab, dari beberapa rekannya sudah ditempa keahliannya di baik luar negeri. Kendati faktanya, mereka baru memulai persiapan pada Juli lalu.

“Sebab, setelah SEA Games 2023 kemarin di Kamboja, para pemain hoki kembali ke daerahnya masing-masing untuk mengikuti Babak Kualifikasi PON, baru dikumpulkan kembali,” dia menjelaskan.

“(Kondisi) itu bagi kami bukan kendala, karena skill akan satukan saat berlatih bersama, dan kami sudah sering main di Timnas, jadi sudah saling mengenal satu sama lain. Mungkin empat orang tambahan yang baru masuk di Pelatnas ini saja (butuh penyesuaian), karena belum tahu kualitas skill dan fisiknya.”

Sejauh ini, Pelatnas Timnas hoki outdor diisi oleh 28 atlet. Sebelum akhirnya diseleksi menjadi 18 orang yang dikirim ke Hangzhou China.

Sebelum terbang ke Negeri Tirai Bambu, tujuh atlet hoki outdoor akan lebih dulu mengikuti kejuaraan kualifikasi Piala Dunia hoki di Oman, mulai 29 Agustus-3 Sepetember. Setelah itu, mereka akan melakukan satu kali uji coba ke India atau Malaysia, pada 4 Desember mendatang.

Baca juga: Hangzhou Jadi Tuan Rumah BWF Tur Finals 2023

Kiprah hoki outdoor Indonesia di SEA Games sendiri merupakan peraih medali perunggu. Mereka kalah dari Tim Singapura dan Malaysia, yang masing-masing merebut medali perak dan emas di Kamboja.

Sedangkan di level Asia, terakhir kali peringkat ke-10 di Asian Games 2018. Tim Merah-Putih hanya mencetak satu kemenangan saat melawan Hong Kong 3-2, dan menelan empat kali kekalahan di babak penyisihan Pool A.

Mereka kalah dari India 17-0, Vs Jepang (1-3), Vs Korea Selatan (0-15), dan Vs Sri Lanka (1-3). Saat itu, yang menjadi juara yaitu Jepang, Malaysia jadi runner up, kemudian disusul India.

“Makanya kita harus maksimal Indonesia harus maju,” kata Akbar.

(mcy/aff)

Jadwal All England 2024 Hari Ini- 8 Wakil Indonesia Main

Delapan wakil Indonesia akan bermain di 16 besar All England 2024 hari ini. Melihat jadwal All England 2024, Chico Aura Dwi Wardoyo dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri akan melakoni laga menantang.

All England 2024 mengambil tempat di Utilita Arena, Birmingham, Inggris. Pertandingan akan dimulai pada pukul 10.00 waktu setempat atau pukul 17.00 WIB.

Anthony Sinisuka Ginting dijadwalkan menghadapi Kenta Nishimoto di pertandingan pertama. Kedua pebulutangkis akan berjumpa untuk kesebelas kalinya. Ginting unggul head to head 7-3, termasuk memenangi pertemuan terakhir mereka di babak kedua India Open pada Januari silam.

Baca juga: All England 2024: Fajar/Rian Atasi Wakil Taiwan

Situasi berbeda akan diterima Chico Aura Dwi Wardoyo karena akan menantang Shi Yuqi, unggulan kedua sekaligus mantan juara All England. Chico sendiri menderita kekalahan di dua pertemuan kedua pebulutangkis, salah satunya di semifinal Prancis Open belum lama ini.

Pertandingan menantang lainnya akan dilakoni ganda putra Bagas/Fikri. Keduanya akan berjumpa dengan unggulan teratas Satwikaraj Rankireddy/Chirag Shetty.

Meski Bagas/Fikri kalah head to head 2-4, tapi mereka berhasil memenangi dua dari tiga pertemuan terakhir melawan Rankireddy/Shetty. Pertemuan terakhir kedua ganda putra terjadi di babak pertama Malaysia Open 2024, yang berakhir dengan kekalahan Bagas/Fikri dengan skor ketat.

Baca juga: All England 2024: Ahsan/Hendra Kandas di Babak Pertama

Jadwal All England 2024, Kamis (14/3/2024)

Lapangan 1

Match 2: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto

Match 4: Jonatan Christie vs Kunlavut Vitidsarn [8]

Match 5: Gregoria Mariska Tunjung [7] vs Zhang Beiwen

Match 6: Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja vs Marcus Ellis/Lauren Smith

Match 10: Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri vs Satwikasairaj Rankireddy/Chirag Shetty [1]

Lapangan 2

Match 1: Anthony Ginting [5] vs Kenta Nishimoto

Match 5: Chico Aura Dwi Wardoyo vs Shi Yuqi [2]

Match 9: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto [7] vs Akira Koga/Taichi Saito

Bos Ducati- Marquez Tak Akan Mau Gabung Tim Satelit

Bos Ducati Gigi Dall’Igna menanggapi spekulasi masa depan Marc Marquez. Menurut dia, Marquez tak akan mau bergabung ke tim satelit Ducati.

Rumor yang menghubungkan Ducati dengan juara dunia delapan kali itu terus bergulir seiring terpuruknya performa Honda dalam beberapa tahun terakhir. Di sisi lain, Marquez pernah menegaskan akan menghormati kontraknya, yang baru akan habis pada akhir tahun depan.

Sementara itu tidak bisa dipungkiri Marquez diburu waktu untuk menambah koleksi titel juara MotoGP-nya usai terakhir kali menjadi kampiun di 2019. Marquez sudah berusia 30 tahun dan tidak ada jaminan Honda akan kembali kompetitif dalam waktu dekat. Alhasil, akan realistis bagi Marquez seandainya akhirnya dia tidak berlanjut dengan pabrikan Jepang itu.

Baca juga: Lorenzo: Marc Marquez Akan Jadi Pebalap Ducati

Mantan pebalap top MotoGP Jorge Lorenzo baru-baru ini mengipasi rumor yang menghubungkan Marc Marquez dengan Ducati. Menurut dia, Marquez pasti akan menunggangi Desemosedici sekalipun dia harus turun level ke tim satelit.

Akan tetapi, Dall’Igna ragu hal itu bisa terwujud mengingat status Marquez sebagai megabintang MotoGP. Pria Italia berusia 56 tahun ini justru meyakini kerja sama Marquez dengan Honda masih akan berlanjut.

Baca juga: Vinales: Ducati Memang Terbaik, tapi Diuntungkan karena Punya 8 Motor

“Yang pertama, saya kira Marc tidak akan setuju untuk bergabung dengan tim satelit,” ungkap Dall’Igna kepada GPOne. “Dia itu seorang bintang dan bintang ingin diperlakukan seperti bintang.”

“Sejak dia kembali setelah beberapa bulan absen dia toh menjalani balapan yang hebat dengan Honda, jadi saya akan menunggu sebelum mengatakan bahwa Marc dan Honda akan berpisah setelah 2024.”

“Saya justru ragu. Sebaliknya, saya percaya ada setiap kemungkinan buat mereka untuk sukses lagi. Sementara kami gembira dengan para pebalap yang kami punya sekarang,” Dall’Igna menambahkan tentang Marc Marquez.

Jadwal Lengkap Denmark Open 2023

Turnamen bulutangkis Denmark Open 2023 akan segera dimulai. Simak jadwal lengkapnya.

Ajang multievent Asian Games 2023 telah berakhir 8 Oktober lalu. Kini atlet-atlet top bulutangkis, khususnya Asia, kembali dihadapkan pada single event hingga akhir Oktober ini.

Dua turnamen yang akan diselenggarakan di Eropa ini akan berlangsung mulai 17 Oktober ini, yaitu Denmark Open 2023 dan French Open 2023 secara berurutan.

Rangkaian dua ajang bulutangkis di Eropa itu akan diawali dengan Turnamen BWF World Tour Super 750 Denmark Open yang bergulir hingga 22 Oktober mendatang.

Baca juga: Menanti Kebangkitan Anthony Ginting dkk. di Tur Eropa

Hari pertama penyelenggaraan Denmark Open dimulai pada Selasa (17/10) besok, yang akan mempertandingkan babak pertama atau babak 32 besar. Biasanya, partai-partai awal akan berlangsung selama dua hari.

Nah, atlet-atlet yang sudah lolos ke babak kedua akan bertanding kembali pada Kamis (19/10). Mereka akan berjuang untuk meloloskan diri ke babak perempatfinal atau delapan besar.

Babak delapan besar sendiri akan berlangsung pada Jumat (20/10). Kemudian dilanjutkan dengan partai empat besar dan final yang digelar pada Sabtu -Minggu, 21-22 Oktober.

Atlet-atlet Indonesia sendiri telah berada di Odense, Denmark, sejak Minggu (15/10/2023). Menyesuaikan drawing Denmark Open 2023 per tanggal 26 September, Merah-Putih menurunkan 16 wakil.

Baca juga: Gregoria Mariska Cs Jalani 3 Kali Latihan Sebelum ke Denmark Open 2023

Mereka ialah tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Chico Aura Dwi Wardoyo. Sedangkan sektor tunggal putri terdiri dari Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani.

Dari ganda putra, Indonesia menurunkan wakil-wakilnya secara penuh. Yaitu Fajar Alfian/Muhamamd Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Pramudya Kusuma Wardana/Yeremia Rambitan, serta pasangan gaek Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan.

Khusus Hendra/Ahsan, Denmark Open menjadi turnamen Eropa keduanya setelah kemarin menjadi semifinalis di Arctic Open di Finlandia, pada 10-15 Oktober.

Adapun ganda putri mengandalkan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi. Sementara ganda campuran terdiri dari empat pasang.

Baca juga: Ganda Putra Butuh Gelar Juara untuk Dongkrak Kepercayaan Diri

Dua pasang dari Pelatnas PBSI Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Sedangkan dua ganda campuran lainnya merupakan nonpelatnas Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Jadwal Denmark Open 2023

  • Selasa, 17 Oktober 2023: Babak Pertama
  • Rabu, 18 Oktober 2023: Babak Pertama
  • Kamis, 19 Oktober 2023: Babak Kedua
  • Jumat, 20 Oktober 2023: Perempatfinal
  • Sabtu, 21 Oktober 2023: Semifinal
  • Minggu, 22 Oktober 2023: Final

(mcy/krs)

Jadwal Lengkap Bulutangkis di SEA Games 2023

SEA Games 2023 akan resmi dibuka pada akhir pekan di Kamboja. Simak di sini untuk jadwal lengkap cabang bulutangkis di SEA Games 2023.

Di SEA Games sebelumnya, pada tahun 2021, Indonesia meraih total 241 medali dengan rincian 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu. Cabang bulutangkis mempersembahkan 9 medali.

Dari 9 medali yang diraih oleh para pebulutangkis Indonesia tersebut, 2 di antaranya adalah keping emas. Ada 2 perak dan 5 perunggu yang melengkapi.

Baca juga: Ini Skuad Bulutangkis Indonesia di SEA Games 2023

Untuk SEA Games 2023, PP PBSI menargetkan total 4 medali emas. Ada 20 atlet yang diturunkan, dengan komposisi senior-junior 30:70.

“Ya, memang kami targetkan empat emas, dari beregu putra, ganda putra, mix double, dan tunggal putra,” kata Kabid Binpres PBSI Rionny Mainaky saat berbincang dengan detikSport, di Pelatnas PBSI, Cipayung.

Bulutangkis di SEA Games 2023 sendiri beririsan dengan jadwal gelaran lain yakni Piala Sudirman 2023, yang digelar di Suzhou, China, pada 14 Mei. Hal itu membuat sejumlah nama top absen dari gelaran SEA Games kali ini.

Baca juga: PBSI Target 4 Medali Emas di SEA Games 2023, Dari Nomor Apa?

Sehubungan jadwal itu, Olympics.com menyebut pemain top seperti tunggal putra Singapura Loh Kean Yew cuma akan turun di nomor beregu yang tuntas pada 11 Mei, alias absen di nomor individu yang dimulai pada 12 Mei. Hal itu membuatnya berkesempatan untuk berangkat ke Piala Sudirman 2023 usai tampil di SEA Games 2023.

Jadwal Bulutangkis SEA Games 2023

Senin 8 Mei (nomor beregu)

09:00
Penyisihan beregu putri
Penyisihan beregu campuran

15:00
Penyisihan beregu putra

Selasa 9 Mei

09:00
Perempatfinal beregu putri
Semifinal beregu campuran

15:00
Perempatfinal beregu putra

Rabu 10 Mei

09:00
Semifinal beregu putri
Final beregu campuran

15:30
Semifinal beregu putra

Kamis 11 Mei

10:00
Final beregu putri

15:00
Final beregu putra

Jumat 12 Mei (nomor individu)

09:00
32 besar tunggal putra
32 besar ganda putra
32 besar tunggal putri
32 besar ganda putri

Sabtu 13 Mei

09:00
16 besar tunggal putra
16 besar ganda putra
16 besar tunggal putri
16 besar ganda putri
32 besar ganda campuran

Minggu 14 Mei

09:00
Perempatfinal tunggal putra
Perempatfinal ganda putra
Perempatfinal tunggal putri
Perempatfinal ganda putri
16 besar ganda campuran

Senin 15 Mei

13:00
Semifinal tunggal putra
Semifinal ganda putra
Semifinal tunggal putri
Semifinal ganda putri
Perempatfinal ganda campuran

Selasa 16 Mei

12:00
Final tunggal putra
Final ganda putra
Final tunggal putri
Final ganda putri
Semifinal dan final ganda campuran

*
Venue: Morodok Techo National Stadium
Waktu lokal (ICT), sama dengan WIB

Simak juga Video: Jokowi Lepas Atlet ke SEA Games 2023, Minta di Peringkat 1-2

[Gambas:Video 20detik]

(krs/rin)

An Se Young Bukannya Ingin Pensiun dari Timnas Korea, tapi …

An Se Young sempat mengucap sulit bagi dirinya lanjut di timnas bulutangkis Korea Selatan usai federasi menyepelekan cederanya. Ia kini meluruskan pernyataannya.

An mengungkapkan kekecewaannya itu tak lama setelah meraih medali emas Olimpiade 2024 di nomor tunggal putri. Ia menilai federasi menangani cederanya secara tidak profesional.

An mengalami cedera pada ligamen lutut kanan di final Asian Games pada Oktober lalu. Namun, ada kesalahan diagnonsis yang membuat proses pemulihan cedera An jadi tidak maksimal.

Baca juga: Usai Raih Emas Olimpiade 2024, An Se-young Pensiun dari Timnas Korea?

Federasi Bulutangkis Korea (BKA) menyebut An hanya butuh 2-5 pekan untuk pemulihan. Kenyataannya, cedera pebulutangkis 22 tahun itu lebih parah dari dugaan sehingga membuatnya bermain dengan rasa sakit.

“Cedera saya lebih serius dari yang awalnya diduga dan butuh waktu untuk pulih. Tapi tim nasional menganggap enteng dan saya tak bisa lupa betapa kecewanya saya dengan itu,” ungkap An usai meraih emas Olimpiade 2024.

“Dari sini, saya bahkan berpikir akan sulit buat saya untuk lanjut dengan tim nasional.”

Baca juga: Perjalanan Gregoria Mariska Dapatkan Medali Perunggu Olimpiade 2024

An kini meluruskan pernyataannya. Tak berniat pensiun, juara dunia bulutangkis 2023 itu hanya ingin para pemain diperlakukan dengan benar.

“Saya harap orang-orang tidak salah mengartikan komentar saya dengan memakai kata pensiun,” An menulis di akun media sosialnya, seperti dikutip Yonhap.

“Saya cuma ingin bicara soal bagaimana pemain harus dilindungi dan dikelola, dan soal adanya komunikasi. Saya tidak mencoba berselisih dengan orang lain. Ini soal melindungi pemain.”

“Saya harap ada orang-orang dewasa di sana yang ingin mendengarkan apa yang harus saya katakan dan memecahkan masalah ini.”

Baca juga: Sukses Pertahankan Emas, Axelsen Masuk Daftar Elite Olimpiade

(nds/krs)

Jadwal 16 Besar Malaysia Masters 2023, Kamis 25 Mei

Indonesia meloloskan 12 wakil ke babak 16 besar Malaysia Masters 2023. Berikut jadwal para jagoan Merah Putih di turnamen BWF World Tour Super 500 tersebut.

Babak 16 besar Malaysia Masters 2023 berlangsung di Axiata Arena, Kamis (25/5) mulai pukul 09.00 WIB. Indonesia masih memiliki wakil di lima nomor berbeda.

Dari tunggal putra, ada Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Christian Adinata yang berjuang ke babak selanjutnya. Gregoria Mariska Tunjung menjadi satu-satunya wakil di tunggal putri.

Baca juga: Ginting ke 16 Besar, Ini Hasil Indonesia di Malaysia Masters 2023

Ganda putra mengirim tiga wakil, yaitu Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Ganda putri tinggal menyisakan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Ganda campuran masih memiliki empat wakil, yaitu Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Malaysia Masters 2023 bisa disaksikan di iNews TV dan juga tayangan streaming RCTI+.

Baca juga: Chico Tersingkir dari Malaysia Masters 2023, Putri KW Juga Out

Jadwal lengkap wakil Indonesia di Malaysia Masters 2023, Kamis (25/5):

Court 1 – mulai pukul 09.00 WIB

[Laga 1] Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping (China) vs Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja

[Laga 4] Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang) vs Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Court 2 – mulai pukul 09.10 WIB

[Laga 3] Sim Yu-jin (Korea Selatan) vs Gregoria Mariska Tunjung

[Laga 4] Jonatan Christie vs Kenta Nishimoto (Jepang)

[Laga 7] Weng Hong Yang (China) vs Anthony Sinisuka Ginting

[Laga 9] Supissara Paewsampran/Puttita Supajirakul (Thailand) vs Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Court 3 – mulai pukul 09.10 WIB

[Laga 3] Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin (China) vs Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

[Laga 5] Magnus Johannesen (Denmark) vs Christian Adinata

[Laga 9] Lee Jhe-huei/Yang Po-hsuan (Taiwan) vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

[Laga 10] He Ji Ting/Zhou Hao Dong (China) vs Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Court 4 – mulai pukul 09.10 WIB

[Laga 1] Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran (Thailand)

[Laga 4] Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Robin Tabeling/Selena Piek (Belanda)

Lihat juga Video: Empat Wakil Indonesia Melangkah ke Final Malaysia Masters 2022

[Gambas:Video 20detik]

(adp/pur)

Inggris Vs Spanyol, Final yang Diidam-idamkan-

Partai puncak Euro 2024 segera tiba. Tim Matador akan bertanding melawan The Three Lions berlangsung di Berlin pada Senin (15/7) pukul 02.00 WIB. Keduanya berhasil melaju ke Final setelah masing-masing berhasil mengalahkan Belanda dan Jerman di babak Semi Final.

Merangkum dari detikSport, Spanyol adalah kesebelasan yang lebih diunggulkan dari Inggris. Sebab, selama turnamen berlangsung, Spanyol menapaki jalan yang lebih mulus. Bahkan saat bertemu dengan lawan-lawan yang berat, Spanyol terbukti tangguh menaklukkan lawan-lawan berat tanpa perpanjangan waktu. Diketahui, lawan-lawan yang sudah dikalahkan antara lain Kroasia, Italia, Jerman, dan Prancis.

Sementara itu, Inggris disebut-sebut melewati ‘jalur landai’ menuju final. Melansir dari detikSport, hanya Belanda lawan Inggris yang memiliki kaliber besar. Terkait hal ini, Gareth Southgate, pelatih Timnas Inggris pun menyadarinya. Mengutip BBC, Southgate juga mengakui bahwa Spanyol adalah tim terbaik di sepanjang turnamen.

“Mereka akan menjadi favorit atas apa yang telah mereka tunjukkan di turnamen ini. Mereka adalah tim terbaik sejauh ini,” kata Southgate, dikutip BBC.

“Mereka punya waktu satu hari lebih lama dan dalam tiga final terakhir, mungkin lebih, situasi ini berdampak cukup signifikan, jadi kami harus segera memulihkan diri,” sambungnya.

Lalu apakah dengan membandingkan performa kedua tim dalam memburu final sudah cukup untuk menentukan siapa pemenangnya? Apakah kaki emas Lamine Yamal akan menjadi penentu kemenangan Spanyol? Ikuti prediksi hasil pertandingan Final Euro 2024 bersama Redaktur detikSport dalam Editorial Review.

Sementara itu, melanjutkan kegelisahan banyak pihak tentang nama-nama aplikasi buatan beberapa Pemerintah Daerah, Sunsetalk kali ini akan mengulasnya dari perspektif ekonomi. Efektifkah penerapan aplikasi layanan masyarakat tersebut? Benarkah uang negara banyak dihabiskan untuk aplikasi-aplikasi yang kurang bermanfaat? Ikuti diskusi ringannya bersama Redaktur detikFinance jelang matahari terbenam nanti.

Menuju Jawa Tengah, detik Sore akang bergabung dengan Redaktur detikJateng untuk mengulas kelanjutan kasus piagam bermasalah yang digunakan dalam proses PPDB. Apa saja kabar terbarunya? saksikan dalam Indonesia Detik Ini.

Ikuti terus ulasan mendalam berita-berita hangat detikcom dalam sehari yang disiarkan secara langsung langsung (live streaming) pada Senin-Jumat, pukul 15.30-18.00 WIB, di 20.detik.com dan TikTok detikcom. Jangan ketinggalan untuk mengikuti analisis pergerakan pasar saham jelang penutupan IHSG di awal acara. Sampaikan komentar Anda melalui kolom live chat yang tersedia.

“Detik Sore, Nggak Cuma Hore-hore!”

(vys/vys)

Indonesia Tambah Dua Emas Lagi dari Gulat dan Traditional Boat Race

Indonesia menambah koleksi medali emas di SEA Games 2023 menjadi 63 keping. Torehan itu berkat cabang traditional boat race dan gulat.

Indonesia traditional boat race menjadi yang tercepat pada final di Men’s 12 Crew (open) 500 meter yang berlangsung di Prek Kampot, Kamboja, pada Minggu (14/5/2023).

Tim Merah Putih yang terdiri dari Maizir Riyondra dan team mengalahkan Thailand dan Myanmar yang harus puas dengan perolehan medali perak dan perunggu.

Baca juga: SEA Games 2023: Judo Persembahkan Emas ke-61 Bagi Indonesia

Selain traditional boat race, Tim Indonesia juga meraih medali emas dari cabang olahraga gulat. Pemenangnya adalah Suparmanto yang tampil di nomor Men’s Gregon Roman kelas 63 kg.

Emas yang dipersembahkan oleh dua cabang olahraga tersebut menjadi emas ke-63 bagi Tim Indonesia. Dengan demikian, Indonesia semakin kokoh di peringkat ketiga klasemen di bawah Vietnam dan Thailand yang berada di posisi pertama dan kedua.

Sementara tuan rumah Kamboja mengekor di peringkat keempat, sedangkan Singapura, dan Filipina di urutan kelima dan keenam.

Baca juga: Erick Thohir Pede Indonesia Capai Target Emas di SEA Games 2023

Berikut daftar perolehan medali Indonesia di SEA Games 2023 hari ini hingga pukul 17.05 WIB:

Emas

Bola basket -Timnas putri

Angkat Besi – Juliana Klarisa – 55kg putri

Judo – Dewa Kadek Rama Warma Putra-kelas 66 kg putra

Traditional boat race -Men’s 12 Crew (open) 500 meter

Gulat -Men’s Gregon Roman kelas 63 kg- Suparmanto

Perak

Tenis – Jessy Priskila Rompies-Aldila Sutjiadi-ganda putri

Traditional boat race-Men’s 12 crews (U24) 500 m

Perunggu

Tenis-Beatrice Gumulya/Fitriana Sabrina- ganda putri

Angkat Besi- Mohammad Yasin – 67 kg putra

Traditional boat race -Men’s 5 Crews (U24) 500 meter

Judo-Muhammad Alfiansyah -Men’s 60 kg