Kemenpora Pertandingkan 5 Olahraga Tradisional di POTRADNAS 2023

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (POTRADNAS) IX Tahun 2023. Ada lima olahraga tradisional yang dipertandingkan.

POTRADNAS dihelat di Open Space Gallery Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Ajang tersebut berlangsung pada 12 hingga 15 Juni mendatang, yang diikuti oleh pemuda berusia 15-22 tahun dengan terdiri dari 20 orang di tiap provinsi yang ada di Indonesia.

Terdapat lima jenis olahraga tradisional yang akan dipertandingkan pada POTRADNAS IX Tahun 2023 ini. Ada Hadang, Egrang, Sumpitan, Terompah Panjang, dan Gasing.

Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta, mengatakan bahwa tujuan penyelenggaraan kegiatan ini untuk melestarikan dan mengembangkan olahraga asli Indonesia, yang merupakan budaya bangsa, agar kekayaan budaya khususnya olahraga tradisional semakin diminati di negeri sendiri.

Ia pun menyebutkan pentingnya kegiatan ini untuk terus dilaksanakan di tengah tingginya gempuran game online bagi anak muda Indonesia.

Baca juga: Kemenpora Gelar POTRADNAS IX

“Saat ini, anak-anak muda hobinya main game online. Apa-apa mudah dari genggaman, tidak butuh banyak bergerak. Lama-lama ini tidak baik dampaknya bagi anak muda, baik untuk fisik maupun mentalnya. Selain itu juga untuk membugarkan masyarakat melalui olahraga tradisional,” ucapnya.

“Anak muda itu kan butuh bergerak dan bersosialisasi. Makanya permainan dan olahraga tradisional harus terus dilestarikan dan dibudayakan di masyarakat hingga mampu menjadi pilihan permainan bagi anak-anak muda di Indonesia”, tambah Isnanta.